Nafis, Jauharotun (2023) فعالية طريقة التعليم الترفيهي على مهارة الكتابة لدى الطلاب في الفصل السابع بمدرسة مزرعة الهدى المتوسطة الاسلامية كارانجايار دماك للسنة الدراسية ٢٠٢٢ /٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (677kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (351kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (240kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (429kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (663kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (557kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (763kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (245kB) |
|
Text
9. DaftarPustaka.pdf Download (415kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan bahwa Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Mazroatul Huda Karanganyar Demak hanya menggunakan metode ceramah saja, guru menjelaskan materi kepada siswa dan menterjemahkan bacaan kemudian siswa menulis di buku, tidak ada kreativitas dalam penggunaan metode pembelajaran yang ada sehingga siswa menjadi jenuh dan cepat bosan, oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan keterampilan menulis dengan metode edutaiment, metode edutaiment merupakan metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yang menyenangkan juga melatih keterampilan Bahasa dan unsurnya. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Metode Edutaiment untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mazroatul Huda Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2022/2023 M. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest, sehingga dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan homogenitas. Karena penelitian ini menggunakan desain penelitian “One group pretest-posttest”, maka kemudian dilakukan uji T-paired dan uji N-Gain untuk mengetahui efektifitas metode edutaiment dalam keterampilan kitabah dikelas VII MTs Mazroatul Huda Karanganyar Demak. Hasil dari penelitian ini adalah nilai total skor pretest yang diperoleh adalah 1704 dengan skor rata-rata 60,68 dan total skor posttest yang diperoleh adalah 2178 dengan rata-rata 77,79. Berdasarkan Uji T-paired menghasilkan angka sig. 2-tailed = 0,000 yang mana lebih kecil dari sig α = 0,05. Hasil ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Serta berdasarkan hasil uji N-Gain yang menunjukan angka 42%. Maka, Efektifitas Metode Edutaiment dalam Keterampilan Kitabah dianggap cukup efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektvitas, Metode Edutaiment , Keterampilan Menulis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:22 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12719 |
Actions (login required)
View Item |