Isnaini, Septiya Fauziah (2023) فعالية طريقة التقليد والحفظ مع وسائل بطاقة الصورة على إتقان مفردات اللغة العربية لدى طلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة العلماء رادين عمر سعيد قدس للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
Cover.pdf Download (866kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (417kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (365kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (682kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (719kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (571kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (378kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (462kB) |
Abstract
Metode dan media pembelajaran memiliki peranan sangat penting pada proses pembelajaran khususnya dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Penyesuaian metode dan media pembelajaran yang tepat akan memngantarkan pada tujuan pembelajaran yang diharapkan, salah satunya dengan menerapkan metode mimicry and memorization dengan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan kosakata Bahasa Arab dengan menerapkan metode mimicry and memorization dengan media kartu bergambar di kelas VIII Mts Nu Raden Umar Said. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan tipe non equivalent posttest only control grup design. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas ekperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampelnya sebanyak 52 siswa dari kelas VIII A dan kelas VIII B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan dokumentasi. Untuk mengukur besarnya pengaruh metode mimicry and memorization dengan media kartu bergambar, data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Dan untuk menguji seberapa besar pengaruh metode mimicry and nemorization dengan media kartu bergambar data dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis membandingkan nilai Sig dengan 0,05 diketahui nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,002 lebih kecil dari (<) probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh” Penggunaan Metode Mimicry And Memorization Dengan Media Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Sedangkan berdasarkan keputusan uji t diketahui nilai t hitung sebesar -3,386. Kemudian t tabel sebesar 2,009 didapat dari rumus nilai a/2= 0,05/2=0,025 Derajad kebebasan (df) = n-2= 52-2= 50. Karena nilai t hitung -3,386 lebih besar > dari t tabel 2,009 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh Penggunaan Metode Mim-Mem dengan Media Kartu Bergambar (X) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran, mimicry and memorization, media pembelajaran, kartu bergambar, penguasaan kosakata | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:37 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:37 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12720 |
Actions (login required)
View Item |