العالقة بين الخلفيات التعليمية والكتاب المدرسي وبين مهارة قراءة النصوص العربية لدى طالب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية اإلسالمية إحياء العلوم وداريجاكسا باطي السنة الدراسية ٢٢٢٢/٢٢٢٢ م

Nikmah, Ervina Niswatun (2023) العالقة بين الخلفيات التعليمية والكتاب المدرسي وبين مهارة قراءة النصوص العربية لدى طالب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية اإلسالمية إحياء العلوم وداريجاكسا باطي السنة الدراسية ٢٢٢٢/٢٢٢٢ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (485kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (245kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Korelasi antara latar belakang pendidikan dengan ketrampilan membaca teks bahasa Arab siswa, (2) Korelasi antara buku ajar bahasa Arab dengan ketrampilan membaca teks bahasa Arab siswa, (3) Korelasi antara latar belakang pendidikan dan buku ajar dengan ketrampilan membaca teks bahasa Arab siswa kelas X MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati T.A. 2022/2023. Jenis Penelitian merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Tes untuk mengukur ketrampilan membaca. Dan angket untuk mengumpulkan data tentang latar belakang pendidikan dan buku ajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Adapun hasil penelitiannya yaitu (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan ketrampilan membaca teks bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,00 <0,05. (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara buku ajar dengan ketrampilan membaca teks bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,00 <0,05. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan buku ajar dengan ketrampilan membaca teks bahasa Arab siswa kelas X MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati T.A. 2022/2023. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,00 <0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,759.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latar belakang pendidikan, buku ajar, ketrampilan membaca
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:17
Last Modified: 03 Jan 2025 03:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item View Item