Nugroho, Ronaldo Aldi (2023) فعالية الوسائل التعليمية سكرفبوك لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الفصل السابع بالمدرسة مطالع الهدى المتوسطة الإسلامية باكالان كرافياك قدس السنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (564kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (444kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (401kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (589kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (933kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (873kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (941kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (454kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui mengetahui kererampilan berbicara siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Scrapbook pada kelas VII MTs Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui mengetahui kererampilan berbicara siswa setelah menggunakan media pembelajaran Scrapbook pada kelas VII MTs Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Scrapbook untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII MTs Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan test (Pre test dan Post test). Untuk analisis data menggunakan uji independent sample t test dan uji N-Gain, dengan batuan SPSS 26. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan tabel output independent sample t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata rata hasil belajar pre-test dan post-test yang berarti media pembelajaran Scrapbook memiliki efektivitas untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kudus. Adapun tingkat efektivitas media pembelajaran Scrapbook terhadap keterampilan berbicara ini berdasarkan hasil analisis skor NGain adalah 68,7% yang kemudian disesuaikan dengan tabel tingkat kefektifan dan termasuk pada kategori cukup efektif. Dan hasil yang didapatkan menunjukan bahwa media pembelajaran Scrapbook termasuk kategori cukup efektif untuk pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Scrapbook | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:12 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13338 |
Actions (login required)
View Item |