Hidayat, Ahmad Wisnu (2024) تطوير الوسائل التعليمية باستخدام تعلم الموجه الذاتي على نظام أندرويد لفهم النحو لدى طلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 ونوسبوا في عام 2024. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
4. BAB 1.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
5. BAB 2.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
6. BAB 3.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
7. BAB 4.pdf Download (839kB) |
![]() |
Text
8. BAB 5.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (713kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan self-directed learning berbasis Android untuk meningkatkan pemahaman nahwu bagi siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dan mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat dihasilkan media pembelajaran yang efektif dari segi konten dan penerimaan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba kelayakan media pembelajaran melibatkan ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran, sedangkan subjek uji coba respons terdiri dari siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan self-directed learning berbasis Android untuk pemahaman nahwu telah berhasil dikembangkan dan dinilai layak digunakan. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan skor kelayakan sebesar 87,5%, sementara ahli media memberikan skor sebesar 80%. Selain itu, respons siswa terhadap media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang positif dengan rata-rata persentase respons sebesar 75%. Hasil ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya memenuhi standar kelayakan dari aspek materi dan media, tetapi juga diterima dengan baik oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Self-Directed Learning, Tata Bahasa. | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:31 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |