TAKIYUDIN, TATA (2017) IMPLEMENTSI STRATEGI ACTIVE LEARNING DENGAN METODE PERMAINAN SEPAKBOLA KALIMAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KALAM SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAARUY SYIFA PLOSO KUDUS TAHUN AJARAN 2017 / 2018 M. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (217kB) |
|
Text
2. Abstraksi.pdf Download (122kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (144kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (268kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (169kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (321kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (131kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (121kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Implementsi strategi Active Learning dengan teknik permainan sepakbola kalimat dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam siswa di Madrasah Tsanawiyah Daarusy Syifa Ploso Kudus tahun ajaran 2017 / 2018 M.” Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan strategi Aktive Learning, (2) untuk mengetahui batas kemampuan maharah kalam siswa,(3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dari penerapan strategi Aktive Learning dengan teknik permainan sepakbola kalimat dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam siswa di Madrasah Tsanawiyah Daarusy Syifa Ploso Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dan adapun pendekatan penelitiannya yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metodeanalisis data dalam penelitian ini juga ada tiga yaitu metode data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi ini efektif dan membantu meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Daarusy Syifa Ploso Kudus. Di dalam penerapan strategi ini terdapat faktor pendukung yaitu (a) Media yang digunakan mudah didapat, (b) Strategi ini mudah dipraktekan, (c) Siswa merasa senang dalam penerapan strategi ini dan (d) Kegiatan Muhadatsah di Madrasah membantu siswa untuk meningatkan maharah kalam. Dan faktor penghambat yaitu (a) Siswa kesulitan dalam membuat kalimat bahasa Arab, (b) Semangat siswa berkurang karena waktu pelajaran di siang hari, (c) Siswa tidak berani berbicara di depan temannya, (d) Permainan ini membutuhkan waktu yang panjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning; Metode Permainan Sepakbola Kalimat; Maharah Kalam |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 00:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 00:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |