ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA TAHAPAN PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS 11 DI MA NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN 2017/2018.

Wafa, Akmaluddin (2018) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA TAHAPAN PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS 11 DI MA NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL )pada komponen Penilaian Autentik (2 ) Mengetahui proses Penialaian Autentik di kelas sebelas MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus (3)Mengetahui keefektifan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL )pada komponen Penilaian Autentik dan menganalisis hasilnya. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan dan sifat penelitian adalah studi analisis deskriptif . Metode pengumpulan data dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data adalah dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, mendisplay data, serta mengambil kesimpulan. Sedangkan teknik uji kreadibilitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, Trianggulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )di kelas sebelas MA NU Ibtidaul Falah meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dan Penilaian Autentik dilakukan sebelum proses pembelajaran, selama proses pembelajaran, dan setelah pembelajaran berlangsung. Keefektifan penggunaan strategi CTL pada tahap penilaian autentik di kelas sebelas MA NU Ibtidaul Falah berhasil dapat dilihat dari nilai siswa yang telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM)75. Secara realitas Penilaian Autentik telah diimplementasikan namun belum mencapai tahap sempurna dan optimal, mengingat pelaksanaan kurikulum pendidikan 2013 dan Penilaian Autentik di kelas sebelas MA NU Ibtidaul Falah masih baru, dan masih dalam upaya penyempurnaan dan penyelesaian dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Contextual Teaching Learning, Penilaian Autentik.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2020 14:11
Last Modified: 11 May 2020 14:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item