Syamsudin, Ahmad (2020) Idaroh Attakamil Li Ta’limil Lughotil Arrabiyah Fil Madrosatis Sanawiyah Roudhatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 cover-kata pengantar.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (726kB) |
|
Text
3 daftar isi.pdf Download (987kB) |
|
Text
4. bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. bab 2.pdf Download (5MB) |
|
Text
6. bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. bab 4.pdf Download (7MB) |
|
Text
8. bab 5.pdf Download (1MB) |
|
Text
9 Daftar pustaka.pdf Download (741kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam menejemen pembelajaran integrasi pembelajaran bahasa arab di Ma Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Dengan adanya menejemen akan merubah hal yang lebih sistematis dan terarah. Tujuan tersebut meliputi: 1) menganalisis menejemen pembelajaran bahasa arab di Ma Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. 2) menganalisis integrasi pembelajaran Bahasa Arab di Ma Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati dengan subjek adalah guru, kepala sekolah dan siswa. Dan yang menjadi informan adalah guru, kepala sekolah dan siswa, penelitian ini mulai dilakukan dari bulan februari sampai mei. Seumber data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian menejemen intgrasi pembelajaran bahasa arab di Ma Raudlatul Ulum ini di peroleh bahwa 1) fungsi perencanaan meliputi: Guru bahasa arab melakukan perencanaan dengan membuat pembelajaran seperti membuat jadwal harian, membuat program kerja harian, program kerja mingguan, program kerja bulanan, dan program tahunan, serta melakukan penilaian dan sumber belajar, fungsi pengorganisasian meliputi: mendisain pembelajaran menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan para siswa dan metode yang digunakan bermacam-macam sesuai materi, Pengarahan meliputi: implementasi kurikulum dengan lagkah-langkah pembelajaran bahasa Arab yang meliputi kemampuan peserta didik yaitu: kemampuan berbicara, kemampuan mendengarkan, kemampuan menulis, serta kemampuan dalam memahami terkait dalam pembelajaran bahasa arab, Pengendalian adalah proses pembelajaran bahasa arab yang dilaksanakan Ma Raudlatul ulum Guyangan Trangkil pati dengan cara melihat hasil kerja guru, hasil didiknya, penerapan strategi / metode pembelajaran, prestasi belajar yang dicapai oleh siswa, serta dengan mengamati tingkah laku siswa. 2) integrasi pembelajaran di Ma Raudlatul Ulum ulum lebih meniti beratkan bahwa kemampuan berbahasa yang meliputi kemampuan membaca, mendengar, berbicara dan menulis merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainya, Teori kesatuan ini kemudian pada perkembangan saat ini lebih dikenal dengan konsep pembelajaran terpadu (integrated learning) faktor-faktor pendukung integrasi pembelajaran: adanya native speaker,Guru-guru bahasa Arab alumni al-azhar mesir, media pembelajaran bahasa arab yang memadai dan metode integrasi pembelajaran bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menejemen Pembelajaran Bahasa Arab, Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 03:02 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3706 |
Actions (login required)
View Item |