Ulfah, Aulia Zuyyina (2020) Tahlilut ta'limi 'an maharatil kitabatil lughatil 'arabiyyati bithariqatil imla' ladath thullab bimadrasatil mutawassithatil islamiyyah nahdlatul 'ulama Nurussalam sanatad dirasiyyah 2019/ 2020 m. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 abstrak.pdf Download (559kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISIi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (5MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (14MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang esensi pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab menggunakan metode imla untuk menguatkan pemahaman dasar keterampilan menulis bahasa Arab pada kalangan siswa menengah pertama untuk pengembangan keterampilan menulis tahap berikutnya serta faktor pendukung dan permasalahannya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dalam penerapannya sebagai cara untuk mengetahui kondisi dan menganalisis data-data yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk validitas data, peneliti menggunakan triangulasi dan sumber referensi. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu (1) untuk mengetahui kegiatan pembelajaran keterampilan menulis menggunakan metode imla, (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab menggunakan metode imla, (3) untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran menulis bahasa Arab menggunakan metode imla. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) metode imla merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab sebagai penguatan dasar dalam keterampilan menulis bahasa Arab dengan baik dan benar sesuai kaidahnya dan sebagai penunjang dalam memahami pembelajaran keterampilan menulis tahap selanjutnya (2) faktor yang mendukung pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab menggunakan metode imla ada dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal (3) beberapa masalah yang terdapat dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab menggunakan metode imla adalah lingkungan, minat, sarana dan prasarana, kemampuan membaca tulisan arab, perbedaan kemampuan intelegensi dan kesulitan belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Metode Imla |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 08:03 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 08:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4687 |
Actions (login required)
View Item |