Tatbiq istiratijiyah 'uwjid al khata a (Find the Fib) fii tarqiyah maharah al qira'ah al lughah al ‘arabiyah ladaa al tulaab mustawaa al mubtadi bi alma’had darul falah kauman jekula qudus lilsanah al dirasiyah 2017 /2018M

NurSa’adah, NurSa’adah (2019) Tatbiq istiratijiyah 'uwjid al khata a (Find the Fib) fii tarqiyah maharah al qira'ah al lughah al ‘arabiyah ladaa al tulaab mustawaa al mubtadi bi alma’had darul falah kauman jekula qudus lilsanah al dirasiyah 2017 /2018M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (589kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (449kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (916kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (683kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah (1) untuk mengetahui proses penerapan Strategi find the fib dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada santri pemula di Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus (2) untuk mengetahui prestasi santri pemula dalam ketrampilan membaca bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus, (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada santri pemula di Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian Lapangan (Field Research) dengan pendekatan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data adalah dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penerapan Strategi find the fib dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada santri pemula di Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus menggunakan beberapa tahapan : guru menjelaskan materi kemudian membagi santri dalam bebrapa kelompok setiap kelompok tiga sampai empat santri, kemudian setiap kelompok menerangkan materi yang sudah diajarkan oleh guru dan menyelipkan pernyataan yang salah dengan sengaja, kemudian kelompok lain akan menyanggah atau akan menjawab bahwa pernyataan tersebut adalah pernyataan yang salah. Dan kegiatan tersebut berlanjut sampai kelompok terakhir. Dalam penerapan Strategi find the fib dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada santri pemula di Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus juga terdapat factor-faktor pendukung dan penghambat. Adapun factor-faktor pendukung penerapan metode find the fib di Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus bagi guru adalah diantaranya kemampuan guru yang berkompeten di bidang keilmuannnya, bagi Santri yang mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar, dan sarana prasarana yang memadai. Adapun beberapa factor-faktor penghambat penerapan Strategi find the fib untuk meningkatkan keterampilan membacapa dan santri Pondok Pesantren Darul Falah Kauman Jekulo Kudus diantaranya Kurangnya pembelajaran halaqoh di kelas,hafalan, Peserta didik atau santri yang kurang motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Find The Fib, Keterampilan membaca bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:03
Last Modified: 15 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item