Lutfiani, Kiki Rizkia (2019) Tatbiq tariqah ta’lim al lughah al jamaa’ii (Community Language Learning) litarqiah maharah al kalam fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah ladaa al thulaab fii al fashl al awil bi al madrasah al tsaanawiyat Manzilul Ulum Kaliwungu Kudus 2018-2019m. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (659kB) |
|
Text
3 Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (940kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa dunia, spesifiknya yaitu bahasa agama umat islam. Dan juga bahasa Internasional yang telah dispekati oleh PBB. Maka bahasa Arab penting dalam kehidupan karena termasuk dalam bahasa komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Implementasi Metode Community Language Learning di Madrasah Aliyah Manzilul Ulum Kaliwungu Kudus, 2) Untuk mendiskripsikan keefektifan penerapan Metode Community Language Learning di Madrasah Aliyah Manzilul Ulum Kaliwungu Kudus dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara, dan 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Community Language Learning di Madrasah Aliyah Manzilul Ulum Kaliwungu Kudus. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa 1) Implementasi Metode Community Language Learning di Madrasah Aliyah Manzilul Ulum Kaliwungu Kudus berjalan dengan baik dan berhasil dengan adanya kelompok bahasa yang dapat menghidupkan bahasa Arab di lingkungan madrasah. 2) Efektifitas penerapan metode Community Language Learning dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara dapat dilihat dari nilai rata-rata dalam mata pelajaran kalam yaitu kelas X Keagamaan dengan nilai rata-rata 83,8 dan kelas X IPS dengan nilai rata-rata 83,7.Oleh karena itu penerapan metode ini sangat efektif, karena hasil nilai siswa dari mata pelajaran kalam lebih tinggi dari KKM yaitu 70, dan 3) Untuk faktor pendorong implementasi Community Language Learning dalam pembelajaran bahasa Arab pada peningkatan ketrampilan berbicara adalah dari ketua yayasan menginginkan siswanya bisa berbicara dengan menggunakan Bahasa Arab, guru yang mempersiapkan metode pembelajaran dengan baik, dan semangat serta keberanian siswa dalam belajar materi kalam. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu, tingkat kemampuan dan semangat siswa yang berbeda, dan siswa tidak tinggal di pondok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Ketrampilan Berbicara, Metode Community Language Learning |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 01:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5474 |
Actions (login required)
View Item |