Nurhikmah, Ana (2021) Tahlilu al-Akhtha' as-Shoutiyah fi Qira'atin nashi al-Lughati al-Arabiyah (Dirasah Washfiyah Nau'iyah Lit Thulab as-Sabi' fil Madrasah al-Mutawassithah al-Islamiyah Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan fil 'ami ad-dirasi 2020/2021). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (734kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (363kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (5MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (716kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (860kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan bunyi dalam membaca teks bahasa Arab, faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan bunyi dalam membaca teks bahasa Arab, serta upaya yang dilakukan oleh Guru untuk meminimalisir kesalahan bunyi dalam membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan karena peniliti menemukan kesalahan bunyi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VII B, khususnya dalam membunyikan huruf hijaiyyah. Apabila hal ini terus berlanjut, maka dapat menjadi kesalahan yang fatal karena terjadinya perubahan arti sebuah kata yang dibunyikan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan triangulasi data dan sumber rujukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Bentuk-bentuk kesalahan bunyi dalam membaca huruf hijaiyyah terdapat pada huruf ض، ظ، خ، ط، ش، ص، ث، ع، ق، ه sedangkan kesalahan huruf hijaiyyah yang paling banyak dibunyikan adalah pada huruf ض. 2. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan bunyi dalam membaca teks bahasa Arab antara lain: banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an, Siswa menganggap bahasa arab adalah pelajaran yang sulit, siswa malas untuk menulis dan mengartikan, siswa tidak bisa membedakan bunyi dan makhroj huruf hijaiyyah, dan karakteristik bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia. 3. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk meminimalisir kesalahan bunyi dalam membaca teks bahasa Arab adalah dengan memberikan les Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) kepada siswa yang dirasa belum bisa membaca teks berbahasa arab dengan pengucapan huruf hijaiyyah yang benar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bunyi, Huruf Hijaiyyah, Maharah Qira’ah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 02:24 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5572 |
Actions (login required)
View Item |