Tathbiiq Al-Ansyithat Al-Lughawiyah Fii Ta'liim Mahaarah Al-Kalaam Laday At-Thaalibaah Fii Al-Fashl At-Taasi'i Bimadrasah Qudsiyyah Al-Mutawassithah Al-Islamiyah Qudus

Akromah, Devi (2021) Tathbiiq Al-Ansyithat Al-Lughawiyah Fii Ta'liim Mahaarah Al-Kalaam Laday At-Thaalibaah Fii Al-Fashl At-Taasi'i Bimadrasah Qudsiyyah Al-Mutawassithah Al-Islamiyah Qudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan kebahasaan dalam pembelajaran maharah kalam, untuk mengetahui proses implementasi kegiatan kebahasaan dalam pembelajaran maharah kalam dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi kegiatan kebahasaan dalam pembelajaran maharah kalam pada siswi kelas 9 di MTs Qudsiyyah Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk validitas data, peneliti menggunakan triangulasi dan sumber referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kegiatan kebahasaan dalam pembelajaran maharah kalam di madrasah Qudsiyyah terdapat Hafalan Muhadatsah dan Arabic club, 2) Implementasi kegiatan kebahasaan dalam pembelajaran maharah kalam dimadrasah qudsiyyah yaitu hafalan muhadatsah yang dilaksanakan setiap hari pada saat jam sekolah dengan sistem setoran hafalan menggunakan buku dari gontor dan arabic club yang dilaksanakan pada hari ahad setelah pulang sekolah dengan menggunakan metode audiolingual dengan teknik menyanyi dan metode muhadatsah. Evaluasi kegiatan kebahasaan untuk maharah kalam dilakukan secara tes dan non tes 3) Faktor pendukung kegiatan kebahasaan dimadrasah qudsiyyah adalah adanya guru yang mempuni dalam menggunakan metode dan stretegi pembelajaran yang tepat, interaksi yang baik antara guru dan siswi, minat siswi dan motivasi belajar siswi yang tinggi serta lingkungan yang mendukung. Adapun faktor penghambat dalam kegiatan kebahasaan yaitu buku ajar yang belum disesuaikan dengan tingkat kelas siswa dan sarana atau media pembelajaran yang masih belum mewadai. Akan tetapi, selama Pandemi kegiatan Kebahasaan di MTs Qudsiyyah Putri tidak berjalan dengan baik dikarenakan keterbatasan Sarana Teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Kebahasaan, Maharah kalam, Arabic Club
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Dec 2021 07:17
Last Modified: 07 Dec 2021 07:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item