Manhaju ta'limi al lughoh al arobiyyah fi al ma'had Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati as sanah ad dirosiyyah 2020/2021

Asna, Rina Mu’alimatul (2021) Manhaju ta'limi al lughoh al arobiyyah fi al ma'had Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati as sanah ad dirosiyyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (852kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum pembelajaran bahasa di Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Raudlatul Ulum 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung kurikulum pembelajaran bahasa di Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian yaitu: (1) Kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang ada di pesantren ini merupakan jenis kurikulum terintegrasi (beberapa mata pelajaran dijadikan satu atau dipadukan) dengan cara guru menggabungkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan kurikulum mandiri pondok pesantren dengan cara menambahkan mata pelajaran bahasa arab di dalam kurikulum pondok pesantren yang mencakup pelajaran seperti: nahwu, shorof, mahfudhot, kitab kuning dan durussullughoh. (2) Pelaksanaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di pesantren Raudlatul Ulum bertujuan agar para santri santri mampu memahami teks-teks ajaran agama yang berbahasa arab, memahami kitab kuning dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang digunakan mengacu pada buku pegangan dengan judul The Selected Vocabularies (Arabic-English-Indonesia) Darussalam Gontor Modern Islamic Institution Ponorogo-East Java-Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode langsung dan metode tutor sebaya (peer tutoring). Dan evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif (umpan balik antara siswa dan guru dalam penyempurnaan materi yang telah diajarkan. (3) Adanya beberapa faktor pendukung dan penghambat kurikulum pembelajaran bahasa Arab di pesantren Raudlatul ulum Diantaranya faktor pendukung: adanya fasilitas pendukung, adanya pengajar orang asli Arab, adanya para pengajar alumni Cairo, model pembelajaran yang menarik. Sedangkan faktor penghambat: keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang santri, dan kurangnya semangat dan kesadaran diri santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pelaksanaan Pembelajaran, Bahasa Arab, Pesantren
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:12
Last Modified: 16 Dec 2021 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item