Tathbiq Thariqah al Muhadatsah bi Istikhdam Kitab Durus al Lughah al 'Arabiyyah Lighair al Nathiqin biha fi Ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah fi al Fashli al Hadi 'Asyara bi al Madrasah al 'Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus al Sanah al Dirasiyah 2021-2022

Khotimah, Chusnul (2022) Tathbiq Thariqah al Muhadatsah bi Istikhdam Kitab Durus al Lughah al 'Arabiyyah Lighair al Nathiqin biha fi Ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah fi al Fashli al Hadi 'Asyara bi al Madrasah al 'Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus al Sanah al Dirasiyah 2021-2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (471kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (547kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan metode muhadatsah dengan menggunakan kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui problematika dalam penerapan metode muhadatsah dengan menggunakan kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui solusi dari problematika dalam penerapan metode muhadatsah dengan menggunakan kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran metode muhadatsah dengan menggunakan kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. berjalan dengan baik, antara guru dan siswa saling berinteraksi dengan interaksi yang baik. Guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Pembelajaran berlangsung 1x45 menit dalam seminggu setiap hari sabtu. Dalam memulai pembelajaran, guru mengucapkan salam dan memberi pertanyaan pada materi minggu lalu, kemudian proses muhadatsah dan penutup dengan memberi motivasi kepada siswa. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode muhadatsah dengan menggunakan kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha dalam pembelajaran bahasa arab kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus, meliputi: Adapun faktor pendukungs diantaranya, a) Guru yang berkompeten. b) Penggunaan Bahasa Arab saat berlangsungnya pembelajaran. c) Minat siswa dalam pembelajaran. Adapun faktor penghambat diantaranya, a) Kurangnya penguasaan hafalan mufrodat siswa. b) Waktu pelajaran yang kurang cukup. c) Latar belakang sekolah siswa yang berbeda-beda. d) Kurangnya kecakapan guru dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab selama pembelajaran. e) Fasilitas madrasah yang kurang memadai untuk mengembangkan kemampuan bahasa siswa. 3) Solusi dari problematika dalam penerapan metode muhadatsah dengan menggunakan kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Tanjung Karang Jati Kudus, sebagai berikut: a) Ada kegiatan untuk menambah pengetahuan bahasa arab siswa dan praktek muhadatsah siswa di Pondok. Biasanya guru membawa buku-buku cerita berbahasa arab sebagai media untuk menambah mufrodat siswa. b) Jam pelajaran bisa ditambah ke pertemuan lainnya atau ada kegiatan dari madrasah untuk mengembangkan kemampuan bahasa arab siswa. c) Ada kegiatan untuk menambah penguasaan mufrodat siswa. d) Guru lebih ditekankan untuk membiasakan mengajak interaksi siswa selama pembelajaran khususnya dalam pembelajaran kalam. e) Terdapat buku-buku berbahasa arab untuk menunjang pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode muhadatsah, kitab durusul lughoh arobiyah li ghoiri nathiqina biha, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:14
Last Modified: 30 Mar 2023 05:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9551

Actions (login required)

View Item View Item