Musykilat ta'lim maharah alkalam bi al lughah al 'arabiyah lilshaf altsaamin fi al madrasah al mutawasithah al'islamiyah Tarbiyatul Islamiyah Pati al sanah al dirasiyah 2022/2023

Nadhifah, Uswatun (2022) Musykilat ta'lim maharah alkalam bi al lughah al 'arabiyah lilshaf altsaamin fi al madrasah al mutawasithah al'islamiyah Tarbiyatul Islamiyah Pati al sanah al dirasiyah 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (675kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab di kelas VIII, mengidentifikasi problematika pembelajaran keterampilan berbicara, serta mengetahui solusi untuk mengatasi problematika keterampilan berbicara yang dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang peneliti lakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pada pembelajaran bahasa Arab ada dua aspek, yaitu aspek linguistik dan non-linguistik. Problematika dari aspek linguistik merupakan masalah dari dalam bahasa itu sendiri yang meliputi problem tata bunyi, kosa kata dan tata bahasa. Sedangkan problematika dari aspek non-linguistik merupakan masalah dari luar bahasa yang meliputi problem murid, guru, metode, media dan sarana prasarana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu: meminta siswa untuk menghafalkan kosa kata, memilih metode mengajar yang tepat dan variatif, menambah jam pelajaran bahasa Arab di luar jam kelas, siswa diharuskan memiliki kamus bahasa Arab, sering berlatih berbicara menggunakan bahasa Arab, menyediakan media pembelajaran untuk melengkapi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThoifuri, ThoifuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:42
Last Modified: 14 Apr 2023 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9724

Actions (login required)

View Item View Item