Ma’mun, Ma’mun (2023) Fa'aliyah namudhaj al ta'lim "alsurah wal surah" 'alaa tarqiyah maharah alkalam fii ta'lim al lughah al arabiyah laday al thulaab bi al fashl al sabi' al madrasah al mutawasithah al islamiyah hidayatul mustafidin dawe qudus al 'am al dirasiy 2021/2022 m. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (407kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (781kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (414kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (552kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (352kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab seharusnya bukan sekedar penyampaian materi yang banyak dan tuntas tetapi penguasaan kemahiran (maharah) berbahasa Arab yang meliputi maharah al-istima’ (mendengar), maharah al-kalam (berbicara) maharah al-qiro’ah (membaca) dan maharah al-kitabah (menulis) perlu diperhatikan kebermaknaannya Salah satunya yaitu memilih media yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Diantara yang relevan adalah dengan menggunakan alat bantu pendidikan berupa gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Arab sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas VII, (2) untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Arab sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas VII, (3) untuk mengetahui hasil keefektifan pembelajaran model picture and picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dosen. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, linearitas dan hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sebelum metode diterapkan melalui observasi dari kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 8,4267. Kemudian dari kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 9,5467. (2) keterampilan berbicara bahasa Arab siswa setelah metode diterapkan melalui observasi dari kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 12,267. Kemudian dari kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 9,653. (3) Adanya pengaruh dari model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Hal tersebut berdasarkan pada nilai rata-rata kelas eksperimen dari 8,4267 menjadi 12,267. Dan pada analisis data menggunakan uji paired sample t test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil tersebut mengindikasi bahwa terdapat pengaruh ketika menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Picture And Picture, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2023 03:10 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 03:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9752 |
Actions (login required)
View Item |