، محاولات معلم اللغة العربية في حل صعوبات قراءة نص اللغة العربية لدى الطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة العلماء سبيل المتقين جفاغ مجابا بقدس السنة الدراسية ۲٠۲۲/۲٠۲۳

Ismiati, Nur (2023) ، محاولات معلم اللغة العربية في حل صعوبات قراءة نص اللغة العربية لدى الطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة العلماء سبيل المتقين جفاغ مجابا بقدس السنة الدراسية ۲٠۲۲/۲٠۲۳. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (620kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa MTs yang mengalami kesulitan membaca teks bahasa Arab. Membaca merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dicapai oleh siswa. Peran guru bahasa Arab dalam berupaya mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab sangatlah penting, dikarenakan upaya tersebut merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Apa saja faktor-faktor kesulitan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTs. NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus, 2) Bagaimana upaya guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTs. NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor-faktor kesulitan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTs. NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus yaitu: Pertama, dari latar belakang siswa yang sebelumnya belum pernah belajar bahasa Arab. Kedua, kemampuan membaca siswa yang masih kurang. Ketiga, media pembelajaran yang kurang menarik. 2) Upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTs. NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus yaitu: Pertama, dengan adanya program BTQ (Baca Tulis al-Qur’an). Kedua, membaca teks bersama di kelas paling sedikit tiga kali. Ketiga, membaca sambung menyambung dengan teman. Keempat, memberi motivasi setiap pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Membaca, Teks Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:07
Last Modified: 09 Jun 2023 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10188

Actions (login required)

View Item View Item