. فعالية طريقة التدافع لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة مفتاح الهدى المتوسطة الإسلامية رمبانج للسنة الدراسية 2022/2023 م

Komariyah, Siti (2023) . فعالية طريقة التدافع لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة مفتاح الهدى المتوسطة الإسلامية رمبانج للسنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (967kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (361kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (678kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (404kB)

Abstract

Metode scramble merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pembelajaran. Metode scramble juga dikatakan sebagai permainan bahasa yang dapat membangkitkan dan memotivasi belajar siswa. Metode ini dapat digunakan pada keterampilan menulis, karena metode scramble ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk menyusun kata acak sehingga menjadi kalimat yang benar. Selain itu, siswa dapat berlatih menulis dan memecahkan suatu masalah dengan menjalin kerja sama dengan kelompoknya. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode scramble ini untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas metode scramble untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas delapan di MTs Miftahul Huda, Rembang, Tahun Pelajaran 2023 M. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah quasi eksperiment, yang berbentuk nonequivalent control group design. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas A dan kelas B, yang berjumlah sebanyak 63 siswa, kelas A sebagai kelas eksperimen, dan kelas B sebagai kelas kontrol. Sedangkan pada uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t yaitu uji paired sample t test, dan uji n-gain score. Hasil dari penelitian ini, yaitu metode scramble cukup efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan MTs Miftahul Huda Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023 M. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t, yang menggunakan uji paired sample t test, menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < 0,05, dan nilai thitung > ttabel . Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Sedangkan pada perhitungan N-Gain score, hasil rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 71,3%, yang menunjukkan kategori nilai cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlvian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Scramble, Keterampilan Menulis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:19
Last Modified: 21 Oct 2023 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11047

Actions (login required)

View Item View Item