أتثري استخدام الوسائط التعليمية Wheel Spinning يف تعلم قواعد النحو لطالب الفصل الثامن مبدرسة اإلرشاد املتوسطة كاجاة دماك العام الدراسي 2

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2023) أتثري استخدام الوسائط التعليمية Wheel Spinning يف تعلم قواعد النحو لطالب الفصل الثامن مبدرسة اإلرشاد املتوسطة كاجاة دماك العام الدراسي 2. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (502kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (649kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (802kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti akan menentukan media baru untuk mengetahui pengaruh media spinning wheel dalam pengajaran bahasa Arab qowaid nahwu, yang merupakan aspek utama dalam mempelajari bahasa Arab. qawaid adalah aturan atau kaidah yang terdapat dalam menyusun kalimat bahasa Arab, Ilmu nahwu adalah tentang kaidah kaidah yang dengannya diketahui keadaan kata Bahasa Arab dari segi i’rab dan mabninya. Spinning Wheel berbasis PPT adalah media permaianan yang dikolaborasikan dengan soal-soal yang digunakan siswa untuk latihan. Media ini disajikan dalam bentuk PPT yang dapat digunakan untuk individu maupun kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent posttest-only control group design yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media spinning wheel berbasis PPT terhadap pembelajaran qowaid nahwu pada siswa kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah Demak Dengan menggunakan hasil analisis regresi linier dengan pengujian Hipotesis Membandingkan Nilai Sig dengan 0,05 diketahui nilai signifikasi (Sig.) Sebesar 0,001 lebih kecil < probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh” Penggunaan Media Spinning Wheel (X) terhadap pembelajaran Qowaid Nahwu (Y) bagi siswa kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah Demak tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dengan menggunakan bantuan SPSS diperoleh hasil presentase variable media spinning wheel berbasis PPT terhadap hasil belajar qowaid nahwu sebesar 40,1% sedangkan 59,9% pembelajaran Qowaid Nahwu yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMunajat, FuadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, qowaid Nahwu, spinning wheel
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:10
Last Modified: 07 Nov 2023 06:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item