Wahyuningsih, Wahyuningsih (2023) أتثري استخدام الوسائط التعليمية Wheel Spinning يف تعلم قواعد النحو لطالب الفصل الثامن مبدرسة اإلرشاد املتوسطة كاجاة دماك العام الدراسي 2. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (502kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (440kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (630kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (649kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (802kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti akan menentukan media baru untuk mengetahui pengaruh media spinning wheel dalam pengajaran bahasa Arab qowaid nahwu, yang merupakan aspek utama dalam mempelajari bahasa Arab. qawaid adalah aturan atau kaidah yang terdapat dalam menyusun kalimat bahasa Arab, Ilmu nahwu adalah tentang kaidah kaidah yang dengannya diketahui keadaan kata Bahasa Arab dari segi i’rab dan mabninya. Spinning Wheel berbasis PPT adalah media permaianan yang dikolaborasikan dengan soal-soal yang digunakan siswa untuk latihan. Media ini disajikan dalam bentuk PPT yang dapat digunakan untuk individu maupun kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent posttest-only control group design yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media spinning wheel berbasis PPT terhadap pembelajaran qowaid nahwu pada siswa kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah Demak Dengan menggunakan hasil analisis regresi linier dengan pengujian Hipotesis Membandingkan Nilai Sig dengan 0,05 diketahui nilai signifikasi (Sig.) Sebesar 0,001 lebih kecil < probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh” Penggunaan Media Spinning Wheel (X) terhadap pembelajaran Qowaid Nahwu (Y) bagi siswa kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah Demak tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dengan menggunakan bantuan SPSS diperoleh hasil presentase variable media spinning wheel berbasis PPT terhadap hasil belajar qowaid nahwu sebesar 40,1% sedangkan 59,9% pembelajaran Qowaid Nahwu yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, qowaid Nahwu, spinning wheel | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 06:10 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 06:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11493 |
Actions (login required)
View Item |