تأثير تطبيق MAKE A MATCH على تعليم نتائج إتقان المفردات العربية للفصل السابع في مدرسة نهضة العلماء إبتداء الفلاح المتوسطة الإسلامية بقدس للسنة الدراسية 2022/ 2023

Nafisa, Zahrotun (2023) تأثير تطبيق MAKE A MATCH على تعليم نتائج إتقان المفردات العربية للفصل السابع في مدرسة نهضة العلماء إبتداء الفلاح المتوسطة الإسلامية بقدس للسنة الدراسية 2022/ 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (442kB)

Abstract

Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar penguasaan kosakata bahasa Arab dibutuhkan penggunaan model yang sesuai, diantaranya model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini bertujuan untuk pengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar penguasaan kosakata bahasa Arab kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match (X) sebagai variabel bebas dan penguasaan kosakata (Y) sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs NU Ibtidaul Falah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dengan tujuan agar data yang diperoleh nantinya lebih representative. Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa Tes. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah pengujian hipotesis menggunakan Independent sample – test. Hasil penelitian ini adalah pada perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji-t (Independent samples t test) dengan bantuan SPSS. Setelah dilakukan uji-t maka dapat diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi . Yang mana sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar penguasaan kosa kata bahasa Arab kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah Kudus. Selain itu, Pengaruh hasil belajar penguasaan kosakata siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata pada kelas eskperimen sebesar 84 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 65 dengan kategori cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Make a Match, Penguasaan Kosakata
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:45
Last Modified: 07 Oct 2024 04:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item View Item