Mila, Zahrotul (2023) فعالية طريقة التعليم التعاوني جغسو لترقية مهارة الكلام لدى الطلّاب في الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية ساتو أتاف جفارا للسّنة الدراسية 2022\2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (800kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (631kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (693kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (799kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (737kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (935kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (476kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (607kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab seharusnya bukan sekedar penyampaian materi yang banyak dan tuntas tetapi penguasaan kemahiran (maharah) berbahasa Arab yang meliputi maharah istima’ (medengar), maharah al-kalam (berbicara) maharah al-qiro’ah (membaca) dan maharah al-kitabah (menulis) perlu diperhatikan kebermaknaannya, salah satunya yaitu memilih metode yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Diantara yang relevan adalah menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sebelum menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw kelas XI, (2) untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sesudah menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw kelas XI, (3) untuk mengetahui hasil keefektivan pembelajaran metode Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dosen. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, linearitas dan hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sebelum menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw kelas XI diperoleh nilai rata-rata 48,26. (2) keterampilan berbicara bahasa Arab siswa setelah menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw kelas XI diperoleh nilai rata-rata 64,8. (3) Adanya pengaruh dari penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut berdasarkan pada analisis data menggunakan uji paired sample t test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) >0,05. Hasil tersebut mengindikasi bahwa terdapat pengaruh ketika menggunakan metode pembelajaran metode Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran, Jigsaw, keterampilan berbicara. | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:56 | ||||||
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12637 |
Actions (login required)
View Item |