Aini, Ulfa Nur (2023) تحليل مشاكل تعليم اللغة العربية في حفظ المفردات للطلاب للصف التاسع المدرسة المتواسطة الإسلامية هاشمية طوبان للسنة الدراسية ٢٠٢٢-٢٠٢٣. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (403kB) |
|
Text
2. Abtrak.pdf Download (172kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (291kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (480kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (563kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (453kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (611kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (282kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) |
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Arab terdapat beberapa prolematika yang dihadapi oleh peserta didik, karena bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang menjadi mata pelajaran wajib di MTs dan telah diajarkan di tingkat bawah sampai tingkat atas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promblematika pembelajaran bahasa Arab dalam menghafal kosa kata pada siswa kelas IX MTs Hasyimiyah serta menganalisis upaya guru dalam mengatasi promblematika tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fied reseach). Pendekatan yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Arab dan Siswa kelas IX Mts Hasyimiyah. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan problematika pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas IX MTs Hasyimiyah ada dua faktor: 1.) Faktor internal a) Kognitif (Ranah Cipta) dalam belajar bahasa Arab maka dapat bahwa sebagian besar dari siswa mereka memiliki latar belakang pendidikan lulusan dari SD yang masih asing terhadap bahasa Arab sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa minat dan bakat siswa pun juga sangat rendah. b) Afektif (Ranah rasa) dalam belajar bahasa Arab bahwa sedikit dari mereka yang memiliki semangat untuk mempelajari bahasa Arab karena sebagian dari mereka memiliki motivasi yang rendah dalam belajar bahasa Arab ini, c) Psikomotorik (Ranah Karsa) bahwa hampir dari mereka tidak ada yang memiliki gangguan kesehatan ataupun gangguan fungsi alat indra, hal itu menunjukkan bahwa aspek psikomotik ini bukan menjadi faktor kesulitan belajar bahasa Arab Siswa. 2.) Faktor Eksternal a) Lingkungan Keluarga atau Rumah yakni perhatian orang tua terhadap belajar anak dirumah tidak memperhatikan proses belajar anaknya, b) Lingkungan Sekolah bahwa metode guru yang digunakan kebanyakan adalah dengan metode ceramah saja tapi penekannanya ke hafalannya kemudian media yang digunakan adalah buku. Upaya guru untuk mengatasi promblematika pembelajaran bahasa arab dalam menghafal kosa kata pada siswa kelas 9 Mts Hasyimiyah adalah bahasa arab beserta artinya, dalam dua semester siswa sudah mampu menghafal minimal mengatasi kurangnya minat dan motivasi yaitu Siswa wajib menghafalakan kosa kata seratus kosakata, mengatasi rasa malas yaitu perlu dibuatkan kelompok, misalnya dalam kelompok itu harus ada yang pintar didalamnya kemudian dimasukanlah yang malas agar dia ikut termotivasi beajar khususnya menghafal kosa kata bersama-sama, mengatasi problematika lingkungan keluarga atau rumah yaitu dengan menyuruh mereka menempel kosa kata di benda benda yang ada dilingkungan rumah mereka agar dapat mereka hafal dan baca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Promblematika, Bahasa Arab, Kosa Kata | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 06:34 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 06:34 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12941 |
Actions (login required)
View Item |