تطبيق متعة التعلم في تعليم مهارة الكلام بالمدرسة الثانوية مفتاح العلوم تمبكراما السنة الدراسية 2022/2023م

Khoiri, Khotib (2023) تطبيق متعة التعلم في تعليم مهارة الكلام بالمدرسة الثانوية مفتاح العلوم تمبكراما السنة الدراسية 2022/2023م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (538kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mendripsikan pelaksaan pembelajaran fun learning pada pembelajaran maharoh kalam di MTs Miftahul Ulum Tambakromo, 2) mengetahui bentuk bentuk kegiatan fun learning dalam maharoh kalam di MTs Miftahul Ulum Tambakromo, 3) mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan pembelajaran fun learning dalam maharotul kalam di MTs Miftahul Ulum Tambakromo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data dan sumber data diperoleh dari data primer, yaitu kepala madrasah dan guru bahasa arab sedangkan data sekunder diperoleh dari bersumber dari jurnal- jurnal ilmiah, dan buku yang ada sangkutannya dengan pembelajaran menyenangkan. Teknik dalam pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menyenangkan dengan bernyanyi pada pembelajaran kalam di kelas 7 MTs Miftahul Ulum Tambakromo merupakan suatu proses yang dirancang secara sistematis untuk meningkatkan kemampuan siswa, meliputi : 1) pelaksaan pembelajaran fun learning pada pembelajaran maharoh kalam di MTs Miftahul Ulum Tambakromo terdiri dari 3 tahap yaitu : persiapan , pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap pelaksanaan terdapat pembukaan, inti dan penutup. Metode yang digunakan adalah dengan menyanyi, 2) bentuk bentuk kegiatan fun learning dalam maharoh kalam yaitu di dalam kelas dan di aula sekokah dengan membuat beberapa kelompok belajar, guru memberikan materi maharotul kalam dengan metode bernyanyi kemudian dinyanyikan dan dijelaskan perkelompok, 3) kelebihan dan kekurangan menggunakan pembelajaran fun learning yaitu : a) kelebihan mengunakan pembelajaran menyenangkan adalah bagi guru dan bagi siswa, b) kekurangan menguunakan pembelajaran menyenangkan adalah bagi guru dan bagi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: joyfull learning, menyanyi, kalam
Subjects: Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:49
Last Modified: 23 Jan 2025 08:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13410

Actions (login required)

View Item View Item