Khakim, Nurul (2024) فعالية استخدام إستراتيجية التعبير المصور لترقية مهارة الكلام لدى الطلاب للصف التاسع في المدرسة المتوسطة باب السلام باندونج للسنة الدراسية ٢٠٢٣/٢٠٢4 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (812kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (635kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Strategi al-Ta’bir al-Mushawwar adalah kegiatan pembelajaran yang disusun melalui media gambar yang tersedia. Adapun tujuan dari Strategi al-Ta’bir al Mushawwar ini adalah peserta didik mampu menirukan alur cerita yang disampaikan oleh guru dengan cepat melalui media gambar. Kemudian peserta didik dapat mengungkapkan kembali materi ajar yang mereka tangkap dari uraian guru melalui bahasanya sendiri. Strategi ini menggunakan gambar atau foto sebagai media pembelajarannya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui Maharah kalam Siswa Kelas IX SMP Babussalam Bandung sebelum penggunaan strategi Ta’bir Mushowar (2) untuk mengetahui Maharah kalam Siswa Kelas IX SMP Babussalam Cilengkrang Bandung Sesudah Penggunaan Strategi Ta’bir Mushowar (3) Untuk mengetahui Efektifitas penggunaan Strategi Ta’bir Mushowar untuk meningkatkan maharah kalam siswa di kelas IX SMP Babussalam Bandung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain one grup pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Baabussalam Bandung yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan desain pengambilan sampel jenuh yakni mengambil sampel dari seluruh anggota populasinya tanpa mengurangi populasi، yang artinya di karenakan populasi kurang dari 30 siswa maka semuanya dijadikan sampel penelitian yaitu 20 siswa. Teknik analisis data adalah uji-t dan uji N-Gain score dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sig. (2-tailed) senilai 0,000، yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa kelas IX yang menggunakan strategi Ta’bir Mushawwar. dengan hasil nilai rata-rata siswa kelas IX yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. siswa yang awalnya mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 50,6 kemudian meningkat di nilai rata-rata posttest sebesar 81,4. Hal ini berarti bahwa terjadi peningkatan Maharah Kalam siswa kelas IX Baabussalam Bandung yang cukup signifikan dari sebelum dan sesudah diterapkannya strategi Ta’bir Mushawwar. Berdasarkan hasil uji N-Gain dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas IX diperoleh skor 0,6358 nilai tersebut termasuk kedalam kategori “sedang” (0,30 ≥ g < 0,70) sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan strategi “Ta’bir mushawar” efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan tingkat efektivitas “sedang”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran، Ta’bir Mushawar، Keterampilan Berbicara | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:48 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |