Firdaus, Salfiyana Ulfa (2020) Tathbiiq al-Muhaawarah al-Lughaawiyah fi Tarqiyah Ta'liim al-Lughah al-'Arabiyah bi Mahaarah al-Kalaam Lada at-Thullaab wa al-Thaalibaat bi Ma'had al-Buruj al-Islaamiy al-'Ashriy as-Sanah ad-Diraasiyah 2019-2020 M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (795kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (810kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan Muhawarah al-Lughawiyah dalam meningkatkan maharah kalam, faktor pendukungnya, faktor penghambatnya serta solusinya dalam penerapan Muhawarah al-Lughawiyah bagi santri Pondok Pesantren Modern Al-Buruj Jepara tahun ajaran 2019/2020 M. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik triangulasi data dan sumber rujukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Muhawarah al-Lughawiyah merupakan jenis kegiatan berbahasa sehari-hari di Pondok Pesantren Modern Al-Buruj yangmana di dalamnya santri berbicara dan bercakap-cakap dengan teman-temannya. Kegiatan tersebut termasuk kegiatan berbahasa yang berpasangan serta bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab santri. Teknik penerapannya adalah dengan membentuk santri menjadi beberapa kelompok berpasangan, kemudian ustadz/ro’is memberikan tugas kepada mereka, serta mereka wajib menyampaikan dan mempresentasikan tugas mereka di depan teman-temannya. 2. Faktor pendukung dalam penerapan Muhawarah al-Lughawiyah termasuk faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internalnya adalah dorongan santri untuk belajar bahasa Arab, dan tingkat kecerdasan santri. Serta faktor eksternalnya adalah adanya kitab pembelajaran serta tekniknya. 3. Sedangkan faktor penghambatnya tergolong dalam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah lemahnya kecintaan bahasa santri serta lemahnya kesehatan santri. Serta faktor eksternalnya adalah belum adanya jumlah pengajar bahasa Arab yang mencukupi, sulitnya membentuk lingkungan bahasa, sarana prasarana pembelajaran yang terbatas, terlalu banyaknya terget pembelajaran, dan latar belakang pendidikan. Adapun solusi dari faktor penghambat tersebut, peneliti menyesuaikan jenis hambatannya sehingga tercapai solusi yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Muhawarah al-Lughawiyah, Maharah Kalam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 02:30 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 02:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3702 |
Actions (login required)
View Item |