Musykilat Ta'lim al Lughah al Arabiyah fi Maharah al Kitabah bi al Madrasah al Nahdhiyah al Mutawassithah al Islamiyyah Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus li al 'Am al Dirasy 2020/2021

Hakim, Taufiqul (2020) Musykilat Ta'lim al Lughah al Arabiyah fi Maharah al Kitabah bi al Madrasah al Nahdhiyah al Mutawassithah al Islamiyyah Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus li al 'Am al Dirasy 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (819kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (702kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (626kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)

Abstract

Problematika adalah masalah yang terjadi ketika seseorang mencapai suatu tujuan dan merasa sulit untuk melaksanakannya. Sedangkan masalah pengajaran menulis merupakan masalah atau kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini membahas problematika pembelajaran bahasa arab keterampilan menulis bagi siswi kelas VIII (e) dan (d). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapisiswi kelas VIII (e) dan (d) di bidang keterampilan penulis bahasa arab. Metode penelitian ini adalah studi lapangan yaitu peneliti turun ke lapangan untuk mencari materi yang mendekati kebenaran. Penelitian ini dilakukan di MTS NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa putra atau putri.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan verifikasi.Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menampilkan data, serta menyimpulkannya. Hasil penelitian ini menunjukkan permasalahan pembelajaran bahasa arab pada keterampilan menulis yang dihadapi siswa. Ditinjau dari masalah kebahasaan antara lain; 1) jenis tulisan (jenis tulisan arab sangat berbeda dengan bahasa indonesia), 2) siswa/siswi kurang memahami kaidah tata bahasa tentang tata qawaid ‘Adad Ma’dud, 3) siswa/siwi bingung bagaimana cara melengkapi kalimat tersebut, atau 4) mereka tidak tahu bagaimana menerjemahkan ke dalam bahasa Arab Selain faktor kebahasaan, terdapat faktor lain yaitu non kebahasaan yang direpresentasikan pada tingkat kesulitan materi yang dipahami siswa, lingkungan belajar yang kurang sesuai, dan keterbatasan siswa dalam belajar bahasa arab, walaupun mereka memasuki kelas VIII banyak yang belum memahami qawaid nahwiyah atau shorfiyah. Penggunaan media harusnya lebih efektif dan efisien. Siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran juga mendapat masalah tidak menguasai keterampilan menulis bahasa Arab. Selain itu, bahasa Arab dianggap bahasa asing yang tidak semua orang mampu menggunakannya sehingga membutuhkan pendalaman implikasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika; Keterampilan Menulis
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:25
Last Modified: 06 Jul 2021 06:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item