Nurmawadah, Umi (2020) Tathbiq Kitab Durus al Lughah al Arabiyah li Tarqiyah Ta'lim al Lughah al Arabiyah Laday al Thullab li al Fashl al 'Asyara bi al Madrasah al Tsanawiyah al Islamiyyah Khozinatul Ulum Blora Sanah al Disarah 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (723kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (347kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (641kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (759kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (514kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (773kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (398kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab. 2) Bagaimana faktor pendukung Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab. 3) Bagaimana faktor penghambat Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas X MA Khozinatul Ulum Blora Tahun Ajaran 2020/2021 M. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperoleh tentang Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab pada maharah qira’ah bagi siswa kelas X MA Khozinatul Ulum Blora Tahun Ajaran 2020/2021 M dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan. 2) Faktor pendukung dalam Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab pada maharah qira’ah terdapat dua faktor. Faktor internal yang meliputi adanya bantuan kosa kata dan gramatika Arab yang dapat memudahkan siswa dalam menerjemahkan bacaan, penyajian materi yang mudah dipahami oleh siswa serta sesuai dengan standar isi yang tercatat dalam kurikulum K13. Faktor eksternal meliputi kesiapan fisik maupun mental peserta didik dan profesionalitas guru. 3) Faktor penghambat dalam Implementasi Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab pada maharah qira’ah terdapat dua faktor. Faktor internal yaitu ilustrasi yang digambarkan dalam buku masih belum merangsang minat siswa, karena ditinjau dari segi pewarnaan yang dipilih hanya terbatas pada warna hitam, putih dan abu-abu. Faktor eksternal yaitu sarana dan prasarana yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab Durush al-Lughah al-Arabiyah; Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 01:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 01:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4729 |
Actions (login required)
View Item |