Ta’tsir istikhdam al madkhal al insanii litarqiyah dafi’ al ta’alumallughah al ‘arabiyah fii al fashl al tsaamin bi al madrasah al mutawasithah al islamiyah "almarkaz al islamii" Ngembalrejo Bae Kudus 2019/2020 m (dirasah shibh tajribiatin)

Amalia, Dian Nafis (2019) Ta’tsir istikhdam al madkhal al insanii litarqiyah dafi’ al ta’alumallughah al ‘arabiyah fii al fashl al tsaamin bi al madrasah al mutawasithah al islamiyah "almarkaz al islamii" Ngembalrejo Bae Kudus 2019/2020 m (dirasah shibh tajribiatin). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 cover-kata pengantrar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1 abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. الباب الأول.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. الباب الثاني.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. الباب الثالث.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. الباب الرابع.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8. الباب الخامس.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan pendekatan humanistik terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) untuk mengetahui tingkat pengaruh pendekatan humanistik terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakanadalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji T .test. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) peneliti menggunakan 2 kelompok dalam penelitian yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada proses pembelajarandi kelompok eksperimen penelitian menggunakan pendekatan humanistik untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Sedangkan pada kelompok kontrol peneliti hanya menggunakan pendekatan ceramah saja tanpa menggunakan pendekatan humanistik. Pada penelitian semi eksperimen ini peneliti menggunakan tiga tahap penelitian yaitu : pretest, penerapan pembelajaran, dan posttest baik di kelas kontrol maupun di kelas eksperimen. 2)nilai pretest motivasi belajar bahasa arab siswa di kelas VIIIMTs Islamic Centre tahun pelajaran 2019/2020 sebelum dilakukan eksperimen adalah: nilai tertinggi 52, nilai terendah 40 dan rata-rata 46,40 sedangkan nilai posttest motivasi belajar memperoleh nilai tertinggi 55, nilai terendah 40 dan rata-rata 47,60. Adapun nilai pretest motivasi belajar bahasa Arab siswa di kelas VIIIMTs Islamic Centre tahun pelajaran 2019/2020 setelah dilakukan eksperimen menggunakan pendekatan humanistik adalah : nilai tertinggi 53, nilai terendah 40 dan rata-rata 46,40. Sedangkan nilai posttestmenghasilkan nilai tertinggi 70, nilai terendah 55 dan rata-rata 61,75. 3) tidak ada pengaruh yang signifikanpretest dan posttest motivasi belajar bahasa arab sebelum dilakukan eksperimen yaitu thitung< ttabel yaitu 0,967<2,02 dengan taraf signifikansi 5%. Adapun setelah dilakukan eksperimen antara pretest dan posttest menghasilkan thitung> ttabel yaitu 5,52>2,02 dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif hasil pencarian menunjukkan “ada pengaruh dalam menggunakan pendekatan humanistik untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre dapat diterima. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Humanistik, Motivasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:48
Last Modified: 19 Oct 2021 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item