Prastiowati, Siska Ayu (2019) Tatbiq al tariqah al qasas litarqiyah maharah al istima’ fii al ta’lim al lughah al ‘arabiyah ladaay al thulaab bi al madrasah al tsaanawiyah al islamiyat Raudhatut Taalibin Bungo Wedung Demak lilsanah al dirasiyah 2019/2020m. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (613kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (7MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (8MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (825kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (871kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, metode, cerita, dan keterampilan mendengarkan Bahasa Arab merupakan media komunikasi yang digunakan Masyarakat untuk mengungkapkan tujuan yang dikehendaki. Era globalisasi mengajak masyarakat untuk belajar bahasa Asing sebagai sarana yang mempermudah hubungan mereka dengan komunitas masyarakat yang lain. Salah satu bahasa asing yang penting adalah bahasa Arab yang mana sangat berhubungan erat dengan latar belakang agama Islam. Umar bin khattab memberikan motivasi, "belajarlah bahasa Arab karena itu adalah bagian dari agama". Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara efektif. Perlu diingat bahwa bahasa arab terbagi memuat empat kemampuan dasar yaitu kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menulis berada pada posisi yang sangat penting sebagai dasar komunikasi, sehingga pengajar memerlukan metode khusus dalam mengajarkan kemampuan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode cerita (Story Telling) untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada pembelajaran bahasa Arab siswa di MTs Roudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak Tahun Ajaran 2019/2020. Kemudian bertujuan untuk mengetahui efektifitas implementasi metode cerita (Story Telling) untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada pembelajaran bahasa Arab siswa di MTs Roudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak Tahun Ajaran 2019/2020. Kemudian juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode cerita (Storry Telling) untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada pembelajaran bahasa Arab siswa di MTs Roudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode cerita dalam pembelajaran bahasa arab terbagi menjadi tiga bagian, yaitu fase persiapan yang berkaitan dengan hal-hal pra pembelajaran, fase implementasi yang berkaitan dengan proses di dalam pembelajaran, dan evaluasi yang berkaitan dengan hal-hal setelah pembelajaran. Kemudian berkenaan dengan efektivitas implementasi metode ini data menunjukkan bahwa metode ini efektif. Adapun faktor pendukung dalam mengimplementasikan metode ini adalah adanya pendidik (guru), factor lingkungan dan sumber belajar. Guru adalah factor penting, karena ia adalah sarana pengajaran dan telah memilih metode atau gaya dan materi yang jelas dalam penerapan metode ini. Adapun faktor penghambat implementasi metode ini adalah hambatan waktu, hambatan evaluasi, hambatan alat untuk bercerita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, metode, cerita, dan keterampilan mendengarkan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 03:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5510 |
Actions (login required)
View Item |