Fu'aliyah thoriqoh itsnaini yaskunani waitsnaini yazuroni (two stay two stray) litarqiyah maharot al kalam lada thullab fii shoffil 'asyir barnamaj al 'ulum ath-thobi'iyyah bimadrosah atsanawiyyah alhukumiyah 1 jepara.

Khusna, Nailal (2021) Fu'aliyah thoriqoh itsnaini yaskunani waitsnaini yazuroni (two stay two stray) litarqiyah maharot al kalam lada thullab fii shoffil 'asyir barnamaj al 'ulum ath-thobi'iyyah bimadrosah atsanawiyyah alhukumiyah 1 jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (769kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (895kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (818kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (581kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari keinginan peneliti untuk menerapkan suatu metode pembelajaran yang membuat siswa tidak merasa jenuh dan enggan mempelajari bahasa Arab. Sebagaimana kita ketahui bahwa jika seseorang ingin belajar bahasa maka ia harus menguasai empat kemampuan salah satunya adalah kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara sangat penting perannya dalam melahirkan generasi muda yang kritis, kreatif dan lancar berkomunikasi dalam bahasa asing terutama dalam menggunakan bahasa Arab. Maka peneliti menerapkan metode pembelajaran Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa MAN 1 Jepara yang diajar menggunakan metode Two Stay Two Stray dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode Two Stay Two Stray, 2) mengetahui keefektifan metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran bahasa Arab Maharah Kalam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis instrumen menggunkan uji Validitas dan uji Reliabilitas. Dan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh: 1) adanya perbedaan kemampuan maharoh kalam siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan metode Two Stay Two Stray dengan yang tidak diajarkan dengan metode Two Stay Two Stray. 2) berdasarkan uji Test, diketahui bahwa nilai (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 <0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pada Peningkatan maharah kalam dalam pembelajaran bahasa Arab (post test) kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Terdapat peningkatan skor maharah kalam siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,15 dan terdapat skor pada kelas kontrol sebesar 68,80. Dari hasil rata-rata nilai siswa kelas eksperimen yaitu 52,30 pada pre-test dan 79,15 pada post-test maka menunjukkan bahwa adanya penigkatan yang besar sampai 51%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Maharah Kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:12
Last Modified: 16 Mar 2022 07:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item View Item