Astiratijiyat madrasiy al lughah al 'arabiyah fii tanmiyah muyul al thulaab bi al ta'alum fii al fashl al saabi' fii madrasah tarbiyatul Banin al mutawasithah al islamiyah winong Pati al sanah al dirasiy 2021/2022

Tyas, Retno Ayu Ning (2022) Astiratijiyat madrasiy al lughah al 'arabiyah fii tanmiyah muyul al thulaab bi al ta'alum fii al fashl al saabi' fii madrasah tarbiyatul Banin al mutawasithah al islamiyah winong Pati al sanah al dirasiy 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (568kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (597kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh selama proses pemebelajaran bahasa arab kelas 7 guru menggunakan jigsaw dan metode gramatika tarjamah. Hasil dari penerapan itu adalah banyak siswa yang paham mufrodat yang berkaitan dengan bahasa arab. Dan siswa sedikit demi sedikit bisa membaca dan terjemah. Oleh sebab itu, peneliti ingin mnekaji lebih lanjut tentang strategi guru bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi pengorganisasian yang dilakukan guru dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. (2) Untuk mengetahui strategi peyampaian yang dilakukan guru dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. (3) Untuk mengetahui strategi pengelolaan yang dilakukan guru dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian strategi untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar bahasa arab dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pengorganisasian yang dilakukan guru bahasa arab meliputi perencanaan pembelajaran dan pembuatan RPP. (2) Strategi penyampaian yang dilakukan guru bahasa arab meliputi empat hal yaitu strategi yang digunakan, media pembelajaran, interkasi siswa dengan media, dan bentuk belajar mengajar. (3) Strategi pengelolaan meliputi tiga hal yaitu penjadwalan, catatan kemajuan belajar siswa dan motivasi dari guru. (4) Faktor pendukung dari penerapan strategi di MTs Tarbiyatul Banin adalah guru, siswa, sarana, media dan lingkungan. Faktor penghambat dari penerapan strategi di MTs Tarbiyatul Banin adalah kondisi masyarakat dan latar belakang pendidikan siswa. Solusi yang diberikan dalam menghadapi hambatan adalah mengadakan program BTQ ( Baca Tulis Al- qur’an)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi , Minat Belajar, Guru Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:06
Last Modified: 18 Oct 2022 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7595

Actions (login required)

View Item View Item