Tathwir Bunud Ikhtibar al Lughah al 'Arabiyyah Bistikhdam Barnamaj Quizizz li Thullab al Fasli al Sabi' fi Madrasah Nahdlatul Ulama' Ibtidaul Falah al Mutawassitah al Islamiyyah li al Sanah Dirasiyyah 2021/ 2022 M

Nafisah, Aufa (2022) Tathwir Bunud Ikhtibar al Lughah al 'Arabiyyah Bistikhdam Barnamaj Quizizz li Thullab al Fasli al Sabi' fi Madrasah Nahdlatul Ulama' Ibtidaul Falah al Mutawassitah al Islamiyyah li al Sanah Dirasiyyah 2021/ 2022 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (869kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (549kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (723kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pengembangan butir soal bahasa Arab menggunakan aplikasi Quizizz untuk siswa kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah dan (2) mengetahui tingkat kelayakan butir soal bahasa Arab menggunakan aplikasi Quizizz untuk siswa kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menganut pada model pengembangan Borg and Gall dengan 5 tahapan yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Subjek uji coba produk terdiri dari validator ahli materi, validator ahli media, guru bahasa Arab dan 31 siswa kelas VII D di MTs NU Ibtidaul Falah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) pengembangan butir soal bahasa Arab menggunakan aplikasi Quizizz melalui 5 tahapan yang sistematis dan terstruktur. 5 tahapan itu mencakup penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian ini menghasilkan produk berupa butir soal untuk pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Quizizz. Soal tersebut berjumlah 30 soal bahasa Arab dengan rincian 12 soal keterampilan membaca, 6 soal keterampilan menulis, 6 soal unsur kosakata dan 6 soal unsur tata bahasa. Analisis butir soal memperoleh hasil: 30 soal dalam kategori valid dengan tingkat reliabilitas yakni 0,779 > 0,6. Hasil uji tingkat kesukaran soal diperoleh 5 soal kategori sukar, 22 soal kategori sedang dan 3 soal kategori mudah. Hasil uji tingkat daya beda soal diperoleh 3 soal dengan daya beda baik sekali, 14 soal dengan daya beda baik, 9 soal dengan daya beda cukup dan 4 soal dengan daya beda jelek. (2) produk yang dihasilkan terbukti layak digunakan sebagai alat penilaian pada materi البيت di MTs NU Ibtidaul Falah ditinjau dari aspek materi, aspek media, ahli pengguna dan respon siswa. Produk yang dikembangkan memperoleh skor kelayakan dari aspek materi sebesar 90% pada validasi I dan 95% pada validasi II, aspek media sebesar 92%, penilaian ahli pengguna sebesar 88% dan respon siswa sebesar 88%. Dari data tersebut, didapatkan rata-rata perolehan skor kelayakan produk sebesar 91% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Thesis advisorAnnas, AzwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Butir Soal, Bahasa Arab, Aplikasi Quizizz
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:01
Last Modified: 08 Mar 2023 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8977

Actions (login required)

View Item View Item