Ta'tsir tariqah musabaqah bitaqah mukhtalit alkalimah 'alaa nataaij ta'lim al lughah al 'arabiyah ladaay thulab al shaf al tsaamin fii madrasah miftahul falah al mutawasithah al 'islamiyah al taabi'ah al jam'iyah nahdhatul ulama' cendono dawe qudus

Ningrum, Metiya Cahya (2022) Ta'tsir tariqah musabaqah bitaqah mukhtalit alkalimah 'alaa nataaij ta'lim al lughah al 'arabiyah ladaay thulab al shaf al tsaamin fii madrasah miftahul falah al mutawasithah al 'islamiyah al taabi'ah al jam'iyah nahdhatul ulama' cendono dawe qudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (778kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (515kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui penerapan metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah dalam pembelajaran bahasa arab di MTs NU Miftahul Falah. 2. Untuk mengetahui seberapa jauh metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah mempengaruhi hasil belajar bahasa Arab untuk siswa kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu dengan membandingkan hasil dari pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan . Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan test yang diujikan pada responden dengan sampel 54 peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas delapan di MTs NU Miftahul Falah. Pengambilan sampel menggunakan teknik pertimbangan (purposive sample) sebanyak dua kelas, yaitu kelas 8A sebagai kelas kontrol, 8B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan dokumentasi, dan tes. Analisis instrumen menggunakan validitas, rehabilitas, uji analisis data menggunakan n-Gain score. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Penerapan metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah cukup mudah diterapkan dalam pembelajaran bahasa arab, hanya saja membutuhkan waktu yang matang dan durasi yang cukup lama atau ruang yang luas. metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah memiliki kaitan erat dengan strategi aktif learning karena metode MBMK merupakan bagian dari stretegi aktif learning 2. penggunaan metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah dalam pembelajaran bahasa arab pada kelas eksperimen ada peningkatan hasil belajar sisiwa sebelum dan sesudah di terapkan metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah. Pada kelas kontrol nilai rata-rata n-gain score 29,3900 persen yang menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional (tidak efektif) diterapkan pada pembelajaran bahasa arab, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata n-gain score 86,6819 persen yang menunjukkan bahwa metode musabaqah bithoqah mukhtalitul kalimah masuk kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMunajat, FuadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Musabaqah Bithoqah Mukhtalitul Kalimah , Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:11
Last Modified: 10 Mar 2023 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item View Item