Tathbiq Ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah min Khilali Ta'widi Isti'mal al Mufradat fi Ma'had Assalam Bangilan Tuban Sanah 2021/2022

Nasichah, Anin (2022) Tathbiq Ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah min Khilali Ta'widi Isti'mal al Mufradat fi Ma'had Assalam Bangilan Tuban Sanah 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (652kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Bahasa Arab melalui penggunaan Mufrodat di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban, faktor pendukung dan penghambat serta solusinya dalam pengimplementasian pembelajaran Bahasa Arab melalui penggunaan Mufrodat di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dapat dilakukan dengan melaksanakan validasi data melalui teknik triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran Bahasa Arab melalui penggunaan Mufrodat di Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban ini memiliki dua poin utama, pertama : latihan dalam pola kalimat, dimana siswa akan berlatih membentuk dan mengelola dari kosakata yang dihafalkan sebelumnya, yang merupakan dasar untuk menunjang keterampilan menulis, membaca dan keterampilan lainnya. Kedua: pelatihan atau percakapan lisan antara guru dan siswa dengan memperhatikan guru yang akan memperkuat dasar pengembangan berbicara dan mendengarkan. 2) faktor pendukung dalam pengimplementasian ini adalah: hadirnya guru setiap waktu, metode yang digunakan mengunakan media gambar dan lain-lain, sehingga dalam pembelajaran tersebut terciptanya suasana yang menarik sehingga tidak membosankan dalam forum pembelajaran tersebut, adanya guru lulusan pondok modren gontor, lingkungan kebahasaan yang ada dan persiapan guru yang mendalam untuk pelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan latar belakang siswa yang berbeda-beda, dan rendahnya minat untuk menghafal kosakata bahasa Arab, tidak mengulang materi yang telah dipelajari, kurang melatih kemampuan yang dimiliki seperti membaca, menulis dan mendengarkan teks Arab. 3) Adapun solusi untuk mengatasi santri yang mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Arab: Meminta jam belajar tambahan sekaligus dampingan secara intensif dari kepala kamar, memaksakan diri sedikit demi sedikit untuk berbicara menggunakan bahasa Arab dan mempraktekan teori-teori yang sudah dipelajari agar bisa mendapatkan kunci lancar berbahasa Arab adalam praktek dan menambahkan hafalan kosakata secara kontinyu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMunajat, FuadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Mufrodat
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:56
Last Modified: 30 Mar 2023 04:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item View Item