Ta'lim al lughah al arabiyah 'alaa dhaw' al nadhariyah al bina'iyah fii al madrasah al mutawasithah al islamiyah rawdatus sibyan qudus

Umam, Nurul (2022) Ta'lim al lughah al arabiyah 'alaa dhaw' al nadhariyah al bina'iyah fii al madrasah al mutawasithah al islamiyah rawdatus sibyan qudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (737kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (941kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (920kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (934kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (703kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan berbasis agama. Salah satu mata pelajaran yang membutuhkan suatu metode atau teori dalam pelaksanaannya. Termasuk metode yang digunakan adalah teori konstruktivisme. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis teori Konstruktivisme. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini bersumber dari dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian ini juga melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa temuan sebagai berikut: Pertama, pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus telah menggunakan teori Konstruktivisme dengan baik. Penerapan teori Konstruktivisme pada siswa kelas 7 menggunakan 3 fase dalam pelasanaannya yaitu fase diskaveri, fase pemahaman konsep dan fase penerapan konsep. Kedua, penyampaian materi oleh guru sebagai fasilitator dan sarana prasarana yang memadai menjadi faktor pendukung kuat untuk melahirkan pemahaman terstruktur materi pada siswa. Sedangkan perbedaan karakteristik siswa dan jam pelajaran yang kurang menjadi faktor penghambatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teori Konstruktivisme, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:02
Last Modified: 10 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

View Item View Item