Gufron, Ali (2023) محاولات المعلّم في تعليم الّلغة العربيّة باستخدام المدخل الإنساني لدى طلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة العلماء إبتداء الفلاح بقدس العام الدراسي 2021\2022م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (506kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (686kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (595kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (792kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
Abstract
Pendekatan humanistik merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang memandang peserta didik sebagai individu yang utuh dan memiliki keunikan serta potensi dan kecerdasan masing-masing. Pendekatan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia dengan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik serta membantunya untuk dapat mencapai aktualisasi diri melalui berbagai model metode dan strategi pembelajaran yang humanis. Peneliti tertarik meneliti penerapan pendekatan humanistik dalam pengajaran Bahasa Arab Yang Benar di MTs. NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus karena madrasah tersebut telah menerapkan konsep humanistik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pengajaran Bahasa Arab Yang Benar dengan menggunakan pendekatan humanistik di MTs. NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam upaya guru dalam menggunakan pendekatan humanistik dalam pengajaran Bahasa Arab Yang Benar dan solusi terhadap hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memperoleh data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan humanistik bagi kelas tujuh telah diterapkan oleh guru melalui (a) pembelajaran yang sifatnya menyenangkan, bebas, tidak mengekang peserta didik dan menekankan keaktifan peserta didik melalui model pembelajaran active learning, strategi pembelajaran discovery, metode pembelajaran diskusi, tanya jawab dan demonstrasi serta evaluasi pembelajaran dengan cara permainan. (b) faktor yang mendukung antara lain fasilitas yang lengkap, lingkungan sekolah yang mendukung, peserta didik dapat diajak bekerja sama dalam pembelajaran sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang humanis. (c) faktor penghambatnya adalah dari kemampuan guru yang terbatas, guru yang kurang menguasai IT, dan guru bahasa Arab yang tidak sebanding dengan banyaknya siswa sehingga sulit untuk memahami siswa satu persatu. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut kepala MTs. Berupaya berkomunikasi aktif dan bekerjasama kepada seluruh warga sekolah dalam berupaya mengadakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan baik sarana dan prasarana maupun pelatihan-pelatihan yang menunjang guru supaya menjadi guru-guru yang profesional baik yang bersifat soft skill maupun hard skill supaya guru dalam pengajarannya dan suasana sekolah tercipta damai, tenang, harmonis dan humanis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Bahasa Arab Yang benar, Pendekatan Humanistik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:50 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10543 |
Actions (login required)
View Item |