فعالية وسائل الخريطة الذهنية على فهم القواعد النحوية لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة مطالع الفلاح المتوسطة الاسلامية باطي للسنة الدراسية 2022 - 2023 م

Anam, Ahmad Khoirul (2023) فعالية وسائل الخريطة الذهنية على فهم القواعد النحوية لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة مطالع الفلاح المتوسطة الاسلامية باطي للسنة الدراسية 2022 - 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (741kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (919kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan, Pembelajaran bahasa arab pada kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Matholiul Falah Pati. Permasalahan yang terjadi adalah kelancaran berbahasa masih kesulitan dalam menyambung huruf, hal ini terlihat ketika salah satu anak diminta untuk menulis tata bahasa arab secara terpisah. Misalnya menghubungkan kata “sekolah” sampai menjadi kalimat yang sempurna. Dalam pembelajaran, guru masih menggunakan metode tradisional, yaitu sebatas menyajikan materi dengan menghafalkan kaidah gramatikal untuk setiap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one grub class yang menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Matholiul Falah Pati. Untuk mengumpulkan data menggunakan pre-test dan post-test. Kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji N-Gain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara yang efektif dari media mind mapping pada pengembangan nahwu. Hal ini berdasarkan analisis yang menunjukkan bahwa nilai Sig terminal adalah 0,000 yang berarti nilai Sig lebih kecil dari 0,005. Dan nilai t hitung sebesar 18,436 yang berarti t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 10,777. Adapun untuk mengukur kekuatan tingkat keefektifan peneliti menggunakan n-gain score. Berdasarkan hasil perhitungan skor n-gain diperoleh rata-rata skor n-gain media mind mapping sebesar 78,78 termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Dengan minimal n-gain 47 dan maksimal 100. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping bagi siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Matholiul Falah Pati, mencapai hasil yang sangat efektif untuk meningkatkan pembelajaran nahwu pada mata pelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media, Mind Mapping, Nahwu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:56
Last Modified: 25 Jul 2023 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10662

Actions (login required)

View Item View Item