Anam, Ahmad Khoirul (2023) فعالية وسائل الخريطة الذهنية على فهم القواعد النحوية لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة مطالع الفلاح المتوسطة الاسلامية باطي للسنة الدراسية 2022 - 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (782kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (340kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (439kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (741kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (511kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (919kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (354kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
Abstract
Berdasarkan fakta di lapangan, Pembelajaran bahasa arab pada kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Matholiul Falah Pati. Permasalahan yang terjadi adalah kelancaran berbahasa masih kesulitan dalam menyambung huruf, hal ini terlihat ketika salah satu anak diminta untuk menulis tata bahasa arab secara terpisah. Misalnya menghubungkan kata “sekolah” sampai menjadi kalimat yang sempurna. Dalam pembelajaran, guru masih menggunakan metode tradisional, yaitu sebatas menyajikan materi dengan menghafalkan kaidah gramatikal untuk setiap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one grub class yang menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Matholiul Falah Pati. Untuk mengumpulkan data menggunakan pre-test dan post-test. Kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji N-Gain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara yang efektif dari media mind mapping pada pengembangan nahwu. Hal ini berdasarkan analisis yang menunjukkan bahwa nilai Sig terminal adalah 0,000 yang berarti nilai Sig lebih kecil dari 0,005. Dan nilai t hitung sebesar 18,436 yang berarti t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 10,777. Adapun untuk mengukur kekuatan tingkat keefektifan peneliti menggunakan n-gain score. Berdasarkan hasil perhitungan skor n-gain diperoleh rata-rata skor n-gain media mind mapping sebesar 78,78 termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Dengan minimal n-gain 47 dan maksimal 100. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping bagi siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Matholiul Falah Pati, mencapai hasil yang sangat efektif untuk meningkatkan pembelajaran nahwu pada mata pelajaran bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media, Mind Mapping, Nahwu | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:56 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10662 |
Actions (login required)
View Item |