تحليل الأخطاء اللغوية على الكتابة العربية في تعليم الإملاء لدى الطلاب في الفصل الثامن بالمدرسة المتوسّطة دار الشفاء قدس للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣م

yusmita, Ani (2023) تحليل الأخطاء اللغوية على الكتابة العربية في تعليم الإملاء لدى الطلاب في الفصل الثامن بالمدرسة المتوسّطة دار الشفاء قدس للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar. pdf.pdf

Download (707kB)
[img] Text
2. Abstrak. pdf.pdf

Download (608kB)
[img] Text
3. Daftar Isi . pdf.pdf

Download (567kB)
[img] Text
4. BAB I pdf.pdf

Download (595kB)
[img] Text
5. BAB II. pdf.pdf

Download (869kB)
[img] Text
6. BAB III. pdf.pdf

Download (602kB)
[img] Text
7. BAB IV. pdf.pdf

Download (717kB)
[img] Text
8. BAB V. pdf.pdf

Download (560kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf

Download (715kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan menulis bahasa arab Pada Pelajaran Imla’ Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam pengolahan datanya serta menggunakan analisis kesalahan dalam analisisnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan datanya diantaranya metode tes، observasi، wawancara، dokumentasi. Bentuk-bentuk kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini diantaranya kesalahan penulisan hamzah qotho dan hamzah washal diawal kalimat yang dimana siswa menulisnya dengan hamzah washal semua dan kesalahan dalam menyambung huruf hijaiyyah.kesalahan ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal yang menyebabkan kesalahan yaitu kurang memahami kaedah-kaedah imla’, kurangnya minat belajar, pendengaran yang kurang teliti, dan hilangnya konsentrasi. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan kesalahan yaitu guru kurang jelas dalam membacakan teks imla’ dan suaranya kecil sehingga siswa kesulitan dalam membedakan huruf. Banyak upaya yang dilakukan guru dalam meminimalisir kesalahan yang terjadi yaitu guru lebih banyak membrikan penjelasan dan sering memberikan latihan terkait kesalahan yang sering dilakukan, guru lebih mempertegas siswa yang kurang fokus dalam mendengar, melihat, dan menulis. Dan guru harus sekreatif mungkin dalam memilih metode pembelajaran dan menyampaikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan، ketrampilan menulis، pembelajaran imla’
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:05
Last Modified: 14 Aug 2024 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item