تأثير نموذج التعليم التعاوني نوع "دورة ألعاب الفريق" و "رمي كرة الثلج" على إتقان المفردات العربية لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الأنوار الثانوية المهنية سارانج 2022/2023

Ni’mah, Rizqi Ulin (2023) تأثير نموذج التعليم التعاوني نوع "دورة ألعاب الفريق" و "رمي كرة الثلج" على إتقان المفردات العربية لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الأنوار الثانوية المهنية سارانج 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (561kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (796kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penguasaan kosakata bahasa Arab sebelum menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas X SMK Al-Anwar Sarang. (2) Penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik sesudah menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas X SMK Al-Anwar Sarang. (3) Penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas X SMK Al-Anwar Sarang. (4) Penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik sesudah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas X SMK Al-Anwar Sarang. (5) Perbedaan antara penguasaan kosakata bahasa Arab setelah menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Snowball Throwing pada siswa kelas X SMK Al-Anwar Sarang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes untuk mengukur penguasaan kosakata peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 item dan kuesioner sebanyak 20 pernyataan mengenai penerapan kedua model dalam pembelajaran Bahasa Arab. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata kedua kelompok tersebut, pada kelas eksperimen I sebelum dan sesudah menerapkan model Teams Games Tournament diperoleh rata-rata pretest 55,8 dan rata-rata posttest 75,2. Pada kelas eksperimen II dengan menerapkan model Snowball Throwing diperoleh rata-rata pretest 53,8 dan rata-rata posttest 76,9. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai t hitung = 0,292 < t tabel = 2,074 dengan ɑ= 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, artinya tidak terdapat perbedaan antara penguasaan kosakata bahasa Arab setelah menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Snowball Throwing pada siswa kelas X SMK Al-Anwar Sarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT). Snowball Throwing. Penguasaan Kosakata Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:02
Last Modified: 16 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item