Al Husna, Qurrotul A’yun (2023) تطبيق طريقة التعليم الإرشادي في تعليم مهارة الكلام لدى الطلاب فى الفصل السابع بمدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان طوبان للسنة الدراسية ۲۰۲۲/۲۰۲۳. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover- Kata Pengantar. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak. pdf.pdf Download (561kB) |
|
Text
3. Daftar Isi. pdf..pdf Download (611kB) |
|
Text
4. BAB I. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II. pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV pdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB V pdf.pdf Download (588kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf Download (497kB) |
Abstract
Penelitian ini menerangkan tentang implementasi counseling learning method dalam pembelajaran maharah kalam, sebab masih adanya peserta didik yang mengalami kesuitan dalam pembelajaran berbicara bahasa arab. Metode counseling learning method ini merupakan metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran maharah kalam dengan dukugan dari sekolah yang berbasis bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Counseling Learning Method (CLM) dalam Pembelajaran Maharah Kalam Pada Siswa Kelas VII MTs Assalam Bangilan Tuban. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Counseling Learning Method (CLM) Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Pada Siswa Kelas VII MTs Assalam Bangilan Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa arab, dan siswa kelas VII MTs Assalam Bangilan Tuban. Teknik analisis data yag digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi counseling learning method dalam pembelajaran maharah kalam saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan meliputi: persiapan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, sarana dan prasarana, materi yang akan disampaikan, kondisi kelas, dan hal-hal yang dapat mendukung dan menghambat berjalannya kegiatan pembelajaran. Adapun dalam proses pelaksanaan meliputi: penjelasan materi dan langkah-langkah metode yang diterapkan. Evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara yang dilaksanakan setelah penyampaian materi selesai dan Peserta Didik telah memahami materi yang disampaikan, dengan bentuk soal lisan mengutarakan isi kepala tentang mufrodat yang disampaikan oleh pendidik. Faktor-faktor pendukung metode pembelajaran tersebut yaitu: faktor internal yang meliputi: dukungan sekolah melalui sarana dan prasarana, dukungan dari Pendidik, dan dukungan dari minat Peserta Didik. Sedangkan faktor eksternal meliputi: dukungan yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya. Faktor-faktor penghambat metode pembelajaran tersebut yaitu: faktor internal yang meliputi: Pendidik yang sedikit sulit mengkondisikan Peserta Didik. Sedangkan faktor eksternal meliputi: kurangnya perhatian orangtua dan kurangnya motivasi orangtua kepada anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Counseling Learning Method, Maharah Kalam, Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:38 | ||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12010 |
Actions (login required)
View Item |