Al-Irfan, Nabil Manahij (2023) نبيل مناهج العرفان، تأثير تعليم موسيقي العربي لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية والي صونجو فاطي في السنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (675kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (296kB) |
|
Text
3. Dftar Isi.pdf Download (360kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (608kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (712kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (781kB) |
|
Text
7.Bab IV.pdf Download (789kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (310kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (344kB) |
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan salah satu unsur keterampilan dasar bagi pebelajar dalam mengawali penguasaan bahasa asing, dalam hal ini bahasa Arab. Sebab kemampuan mendengarkan inilah yang berperan penting dalam memperkenalkan aturan bunyi yang belum diketahui ke dalam bahasa ibu. Walaupun keterampilan menyimak berperan penting dalam pembelajaran bahasa Arab, namun metode yang digunakan masih sangat klasik dan belum diperhatikan karena beberapa faktor seperti kurangnya pengalaman guru, sehingga guru memberikan pelajaran bahasa hanya menggunakan metode konvesional. Banyak metode yang dapat dilakukan agar siswa dapat memahami, terutama untuk membantu meningkatkan pemahaman menyimak, dan tentunya guru akan memilih metode pembelajaran yang paling dekat dengan kegiatan yang dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah penggunaan musik Arab (nyanyian al-Arabi). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menyimak sebelum memulai pembelajaran musik arab pada siswa kelas X, (2) untuk mengetahui keterampilan istima setelah menggunakan pembelajaran musim arab pada siswa kelas x, (3) untuk mengetahui hasil keefektifan pembelajaran music arab dalam meningkatkan keterampilan istima para siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan realibitas. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan Uji hipotesis menggunakan uji t independent sample test serta dilanjutkan dengan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan siswa dari kelas eksperimen sebelum diberikan metode eksperimen memperoleh hasil rata-rata 53,26 dan kelas kontrol dengan rata-rata 58,91. Kemudian setelah diberikan metode eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata 71,96 dan kelas kontrol tidak mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 53,75. Dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen telah dilaksanakan uji t independent sample test yang menunjukan bahwa nilai t hitung ≥ t tabel yaitu ttabel 1,67 dan thitung 5,88. Dapat disimpulkan, H0 ditolak dan Hα diterima. Dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Terlihat bahwa setelah dilakukan perhitungan uji effect size dengan menggunakan persamaan perhitungan Cohend’s diperoleh nilai effect size sebesar 1,63. Nilai ukuran efek 1,63 diartikan sebagai tingkat efek yang sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran musik bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab kelas X MA Walisongo Kayen Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik Arab, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Menyimak | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2024 03:00 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:00 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12198 |
Actions (login required)
View Item |