Mutoharoh, Siti (2023) فعالية استخدام لعبة السلم والثعبان في إتقان المفردات العربية لدى الطلاب في الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الشافعية دار السلام جامبي للسنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (768kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (873kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (469kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (437kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (11MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (384kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Syafi’iyyah Darussalam Jambi sebelum menggunakan permainan ular tangga. (2) untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Syafi’iyyah Darussalam Jambi sesudah menggunakan permainan ular tangga. (3) untuk megetahui tingkat efektifitas penggunaan ular tangga terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Syafi’iyyah Darussalam Jambi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan untuk pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuantitatif quasy experimen pretest-posttest control grup design. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode soal test dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Syafi’iyyah Darussalam Jambi dengan menggunakan teknik Probability sampling dipilih kelas VIII C dan kelas VIII D. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut: (1) penguasaan kosakata bahasa Arab pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.019. (2) penguasaan kosakata bahasa Arab pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.056. Yang mana artinya terdapat perbedaan dalam penguasaan kosakata bahasa arab peserta didik setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan sebelum diberi perlakuan tidak ada perbedaan dalam penguasaan kosakata bahasa arab peserta didik. (3) Penarikan kesimpulan dibuktikan dengan uji N gain. Adapun hasil uji N gain pada kelas eksperimen yaitu 42.1451. Sedangkan hasil uji N gain pada kelas kontrol yaitu 36.3630. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “Kurang Efekfif” Permainan Ular Tangga (X) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Y) Bagi siswa kelas VIII MTs Syafi’iyyah Darussalam Jambi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Ular Tangga, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:47 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13446 |
Actions (login required)
View Item |