Musykilatu al-Muallim fi at-Ta'lim al-Lughah al-Arabiyah fi al- Ma'hadi Tasywiquth Thullab Kudus, Tahun Ajaran 2019-2020.

Yaqin, Muhammad Ainul (2020) Musykilatu al-Muallim fi at-Ta'lim al-Lughah al-Arabiyah fi al- Ma'hadi Tasywiquth Thullab Kudus, Tahun Ajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (461kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (877kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (569kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (818kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (378kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (344kB)

Abstract

Alasan penelitian di sini karena peran guru sangat penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran, maka jika seorang guru memiliki suatu problema dalam mengajar akan menghambat proses pembelajaran itu sendiri terutama di bidang pembelajaran bahasa Arab. Karena bahasa arab mencakup empat keterampilan, maka dibutuhkan seorang guru yang berkompeten untuk menangani suatu problema dalam dunia pendidikan terutama problema guru itu sendiri Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tasywiquth Thullab (TBS) Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020 (2) mengetahui problematika guru dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tasywiquth Thullab (TBS) Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020 (3) mengetahui solusi dalam menangani problematika guru dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tasywiquth Thullab (TBS) Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran di pondok pesantren Tasywiqut Thullab sudah sesuai mulai proses persiapan, implementasi pembelajaran dan evaluasi. Namun dalam pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Tasywiqut Thullab ditemukan problematika seorang guru, diantaranya karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal itu sendiri berkaitan dengan penguasaan sebuah materi, kompetensi profesionalnya sebagai kompetensi pribadi dan pendidikan. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor yang berasal dari luar dari guru itu sendiri, termasuk hubungan guru dengan siswa, lingkungan elas, masalah administrasi, dan kurikulum. Solusi yang diberikan untuk dalam menangani problematika guru dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tasywiqut Thullab, yaitu : Pertama, integritas seorang guru dan evaluasi tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan pembelajaran. Kedua, adanya rasa tanggung jawab yang tingi dalam mengemban tugas seorang guru. Ketiga, meningkatkan efisiensi seorang guru. Keempat, meningkatkan profesionalisme guru. Dengan begitu problematika yang dihadapi seorang guru dapat diatasi sehinggan proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan tujuan pembelajaran itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:08
Last Modified: 08 Feb 2021 04:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item