Aniqotussholehah, Aniqotussholehah (2021) Ta'tsir Istikhdam Istiratijiyat al Ta'lim al Nasyith Crossword Puzzle 'Ala Dafa' al Thullab fi Ta'lim al Lughah al Arabiyyah fi al Fashl al Hady 'Asyara bi al Madrasahal Tsanawiyyah al Islamiyyah alAnwar Mantingan Tahunan Jepara al 'Am al Dirasy 2020 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (461kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (777kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (895kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (798kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (984kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (516kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (612kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle. (2) motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab. (3) seberapa pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental Design dalam bentuk Intact- Group Comparison. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI di MA Al-Anwar Mantingan Tahunan Jepara. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan, karena salah satu unsur yang menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran adalah penggunaan strategi yag tepat. Berdasarkan analisis yang diperoleh bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle pada kelas XI di MA Al-Anwar Mantingan Tahunan Jepara dalam kategori cukup yaitu sebesar 30 yang terdapat dalam interval 28-30. (2) Motivasi belajar peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Bahasa Arab tanpa penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle dalam kategori baik, yaitu sebesar 78 yang terdapat dalam interval 77-79. Sedangkan motivasi belajar peserta didik dengan penggunaanya dalam kategori sangat baik, yaitu 88 yang terdapat dalam interval 88-90. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar peserta didik dengan adanya penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle yaitu sebesar 0,599. Sedangkan nilai rtabel sebesar 0,388. Nilai dalam persennya yaitu sebesar 35,88% dan dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik kelas XI dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle karena rhitung lebih besar dari rtabel
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif; Crossword Puzzle; Motivasi Belajar; Madrasah Aliyah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 14:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 14:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4783 |
Actions (login required)
View Item |