Shofro’, Fika Zalinatus (2022) Ta'tsir 'istiratijiyah la'ibah takhamin alkalimah fi ta'lim al lughah al arabiyah lahal masyakil althaalib bisabab 'adam aljid fii almadrasah almutawasithah al ilslamiyah Darus Salam jetak wedung demak al 'am aldirasiy 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (385kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (630kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (747kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (654kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (973kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (310kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi permainan tebak kata sebagai upaya dalam mengatasi demotivasi belajar bahasa Arab pada peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Sedangkan untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuantitatif Pre-Eksperimental Designs dalam bentuk Intact-Group Comparison. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darus Salam Jetak Wedung Demak. Cara pengambilan samplenya dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Dengan demikian jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 60 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tebak kata dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan, karena salah satu unsur yang menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat. Berdasarkan analisis yang diperoleh bahwa penggunaan permainan tebak kata pada kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darus salam Jetak Wedung Demak dalam kategori cukup yaitu sebesar 76 yang terdapat pada interval 75-78. Strategi pembelajaran bahasa Arab untuk peserta didik kelas VIII tanpa penggunaan permainan tebak kata termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 68 dalam rentang interval hanya mencapai 68-72. Sedangkan Strategi pembelajaran bahasa Arab untuk peserta didik dengan penggunaan permainan tebak kata termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 76 dalam rentang interval mencapai 75-78. Untuk mendapatan pengaruh yang signifikan dalam motivasi belajar peserta didik dengan adanya penggunaan permainan tebak kata yaitu sebesar 0,883. Sedangkan nilai r table sebesar 0,361. Nilai dalam persennya yaitu sebesar 77,96% dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik kelas VIII dengan penggunaan permainan tebak kata karna r hitung lebih besar dari pada r table
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Permainan Tebak Kata, Demotivasi Belajar, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:23 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8268 |
Actions (login required)
View Item |