Rosyida, Ulfa (2023) فعالية الوسائل الوردول لترقية مهارة القراءة لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية مطالع الهدى كيدونغساري جبوج قدس السنة الدراسية ٢٠٢٢/ ٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (922kB) |
|
Text
2. Abstrak. pdf.pdf Download (678kB) |
|
Text
3. Daftar Isi. pdf.pdf Download (854kB) |
|
Text
4. BAB I. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II. pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV. pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V. pdf.pdf Download (821kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf Download (566kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya penerapan media wordwall terhadap peningkatan maharah qira`ah siswa kelas X di MA Matholi'ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu pre experimental design dengan model one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 20 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan dikategorikan menjadi satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa pre-tes dan post-tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Maharah qira`ah siswa sebelum menggunakan media wordwall dapat diketahui dari hasil pre-test tertinggi yaitu 82 dan rata-ratanya adalah 59,60, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “cukup”. (2) Maharah qira`ah siswa setelah menggunakan media wordwall dapat diketahui dari hasil post-test tertinggi yaitu 88 dan rata-ratanya adalah 76,10, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “baik”. (3) Berdasarkan penjelasan sebelumnya diperoleh hasil yang menunjukkan rata-rata nilai post-test setelah menggunakan media wordwall lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pre-test sebelum menggunakan media wordwall. Selain itu, uji statistik hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test maharah qira`ah. Dan rata-rata N-gain adalah 0,5880 atau 58,80 % dan termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media wordwall efektif untuk meningkatkan maharah qira`ah siswa kelas X-A di MA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Wordwall, Maharah Qira`ah, Pembelajaran bahasa Arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 08:07 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 08:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11838 |
Actions (login required)
View Item |