فعالية الوسائل الوردول لترقية مهارة القراءة لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية مطالع الهدى كيدونغساري جبوج قدس السنة الدراسية ٢٠٢٢/ ٢٠٢٣ م

Rosyida, Ulfa (2023) فعالية الوسائل الوردول لترقية مهارة القراءة لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية مطالع الهدى كيدونغساري جبوج قدس السنة الدراسية ٢٠٢٢/ ٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (922kB)
[img] Text
2. Abstrak. pdf.pdf

Download (678kB)
[img] Text
3. Daftar Isi. pdf.pdf

Download (854kB)
[img] Text
4. BAB I. pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II. pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III. pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V. pdf.pdf

Download (821kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf

Download (566kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya penerapan media wordwall terhadap peningkatan maharah qira`ah siswa kelas X di MA Matholi'ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu pre experimental design dengan model one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 20 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan dikategorikan menjadi satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa pre-tes dan post-tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Maharah qira`ah siswa sebelum menggunakan media wordwall dapat diketahui dari hasil pre-test tertinggi yaitu 82 dan rata-ratanya adalah 59,60, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “cukup”. (2) Maharah qira`ah siswa setelah menggunakan media wordwall dapat diketahui dari hasil post-test tertinggi yaitu 88 dan rata-ratanya adalah 76,10, ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “baik”. (3) Berdasarkan penjelasan sebelumnya diperoleh hasil yang menunjukkan rata-rata nilai post-test setelah menggunakan media wordwall lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pre-test sebelum menggunakan media wordwall. Selain itu, uji statistik hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test maharah qira`ah. Dan rata-rata N-gain adalah 0,5880 atau 58,80 % dan termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media wordwall efektif untuk meningkatkan maharah qira`ah siswa kelas X-A di MA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, MiftahulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Wordwall, Maharah Qira`ah, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:07
Last Modified: 24 Jul 2024 08:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item