Sholahuddin, Ahmad (2023) تطبيق طريقة سرد القص (Storytelling)لمهارة الكلام لدى طلاب الفصل الثامن بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى جفارا 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (783kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (195kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (476kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (505kB) |
|
Text
6.Bab III.pdf Download (257kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (795kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (262kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (395kB) |
Abstract
Keterampilan berbicara adalah kemampuan untuk memikirkan atau membuat daftar ide yang ada dalam diri seseorang. Tujuan berbicara adalah mengungkapkan suatu gagasan atau perasaan dalam diri individu yang diperoleh dari hasil menyimak suatu mata pelajaran atau materi pendidikan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengajar berbicara adalah metode bercerita. Mendongeng merupakan kegiatan yang menyenangkan dan merangsang imajinasi siswa. Cerita dapat mengembangkan kemampuan bahasa mereka dan membantu memperdalam ciri-ciri cerita dan memperluas pemahaman mereka. Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengetahui penerapan metode bercerita dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Jepara 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran berbicara pada siswa kelas VIII keterampilan berbicara di MTsN 1 Jepara 3) Mengidentifikasi solusi dari faktor penghambat dalam penerapan metode pembelajaran keterampilan berbicara di kelas VIII MTsN 1 Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dihadiri oleh Wakil Kepala Bagian Kurikulum, guru Bahasa Arab, dan siswa kelas VIII MTsN 1 Jepara tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1) Proses penerapan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN 1 Jepara menggunakan metode bercerita dalam tiga tahap, pertama tahap persiapan, kedua tahap bercerita tahap, dan yang ketiga adalah tahap penilaian 2) Kelebihan kelemahan penerapan metode bercerita adalah siswa menjadi lebih semangat belajar bahasa Arab dan merasa lebih senang. Kelemahannya adalah siswa sering menganggap bahasa Arab itu sulit sehingga siswa merasa malas dan tidak memiliki motivasi untuk belajar, serta mendongeng membutuhkan waktu yang lama 3) Solusi untuk mengatasi faktor penghambat mendongeng dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebaiknya guru memberikan motivasi dan perhatian khusus bagi siswa yang pembelajaran bahasa Arabnya kurang, mempersingkat waktu bercerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:00 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:00 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12259 |
Actions (login required)
View Item |